Sukses

Health

5 Minuman Menyehatkan yang Dapat Membantu Redakan Diare

Fimela.com, Jakarta Diare menjadi masalah pencernaan yang lumrah untuk dialami oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia, bahkan hingga anak-anak. Penyakit ini terjadi ketika seseorang mengalami buang air besar selama tiga kali atau lebih dalam waktu satu hari. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, seperti alergi, penyakit usus, infeksi oleh bakteri, virus, obat-obatan, dan konsumsi makanan yang mengganggu sistem pencernaan.

Penyakit diare tidak bisa dianggap sepele karena dapat memunculkan gejala lain secara bersamaan dalam satu waktu, diantaranya mual, muntah, sakit perut, atau penurunan berat badan. Situasi seperti ini bisa memunculkan rasa yang tidak nyaman hingga tubuh menjadi lemas dan tidak bisa beraktivitas secara optimal. 

Umumnya, diare dapat berlangsung hanya dalam waktu yang singkat, yaitu selama beberapa hari saja. Jika telah terjadi hingga berminggu-minggu, kemungkinan akan ada gangguan pencernaan lainnya yang lebih serius. Oleh sebab itu, jika diare tidak ditangani secara lebih lanjut, penyakit ini bisa berkembang semakin berbahaya. 

 

1. Minuman Elektrolik

Diare bisa membuat tubuh banyak kehilangan cairan. Selain banyak minum air putih, elektrolit bisa mengisi kembali cairan tubuh untuk menghindari risiko dehidrasi. Melansir dari drip hydration, elektrolit adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh karena dapat berfungsi untuk kontraksi otot, menjaga fungsi sistem saraf, dan mempertahankan keseimbangan PH. Contoh dari elektrolit adalah kalsium, kalium, dan natrium. Mengonsumsi minuman ini bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

2. Air Kelapa

Kesegaran di dalam air kelapa bisa memulihkan kondisi tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Sebagai salah satu sumber elektrolit tinggi, air kelapa dapat meredakan dehidrasi akibat diare. Minuman ini dapat menjadi sumber alami untuk alternatif minuman elektrolit atau sports drinks, apalagi tidak adanya bahan pemanis dan perasa.

Kandungan potassium, sodium, magnesium, dan kalsium pada air kelapa dapat membantu mempertahankan keseimbangan cairan pada tubuh. Jumlah elektrolit di dalam air kelapa ini dapat bergantung pada jenis kelapa, yaitu kelapa yang muda atau matang. Untuk elektrolit yang lebih tinggi, maka dibutuhkan kelapa yang telah matang. 

3, Teh Herbal

Khasiat yang bisa didapatkan dari konsumsi teh herbal, yaitu dapat mengobati segala macam penyakit, seperti gangguan pencernaan. Mengutip dari situs healthline, terdapat beberapa jenis teh herbal yang bisa membantumu untuk mengurangi rasa sakit karena diare, diantaranya yaitu teh chamomile, teh hijau, dan teh sereh.

Teh chamomile tidak hanya memberikan kehangatan dan rasa rileks pada tubuh, tetapi juga dapat mengurangi sakit perut yang dirasakan ketika diare. Begitu juga dengan teh hijau yang telah terbukti dapat mengurangi diare dan melawan bakteri penyebab masalah pada pencernaan. Selanjutnya, terdapat teh berbahan sereh yang dibuat dari batang dan daun sereh. Kedua bagian tersebut kemudian direbus dan dikonsumsi untuk meredakan diare karena infeksi virus. 

4. Minuman Jahe

Jahe sudah menjadi obat herbal untuk segala permasalahan pada pencernaan, apalagi sensasi hangat pada minuman ini bisa memberikan rasa nyaman di bagian perut. Tanaman yang memiliki begitu banyak manfaat ini diyakini bisa menyembuhkan diare yang disebabkan karena makanan yang terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.

Jahe bisa mencegah mual, muntah, kejang perut, dan mengurangi gas. Olahan jahe yang paling umum dan mudah ditemukan adalah minuman jahe yang dapat ditambahkan bahan lainnya. Minuman ini dapat menjadi solusi alami untuk meningkatkan pencernaan yang lebih sehat, apalagi dengan adanya sifat anti-inflamasi di dalamnya.

5. Jus Wortel dan Apel

Di dalam wortel, terdapat sejumlah zat bernama pektin yang bisa menenangkan pergerakan usus. Selain itu, wortel mengandung pati, gula, vitamin, dan kalium yang dapat membantu dalam menghambat bakteri, menggantikan cairan yang hilang akibat diare, dan bisa membantu agar tubuh segera pulih.

Apel juga mengandung banyak pektin yang bisa melindungi perut dan mencegah adanya iritasi pada usus. Lebih lanjut, apel juga memiliki kandungan gula alami yang bisa memberikan energi untuk tubuh. Kombinasi buah dan sayur ini bisa menjadi minuman yang sehat untuk menyembuhkan rasa sakit dan mengurangi gejala diare. 

Rekomendasi minuman di atas bisa dikonsumsi ketika kamu sedang mengalami diare atau sebagai alternatif untuk minuman sehat sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penulis : Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading