Sukses

Health

5 Gejala Keguguran yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Keguguran adalah pengalaman yang sulit dan emosional bagi banyak perempuan. Karena keguguran, tidak sedikit perempuan yang memilih menutup diri, mudah putus asa dan tidak percaya diri lagi dengan dirinya. Beberapa bahkan kerap menyalahkan dirinya atas apa yang terjadi. 

Mengenai keguguran sendiri, seringkali gejala keguguran dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Tidak banyak orang yang menyadarinya walau sudah menemukan banyak gejala atau tanda dalam dirinya. Mengutip dari laman parents.com, inilah beberapa gejala keguguran yang sangat sering terjadi namun jarang disadari. Gejala ini bahkan kerap diabaikan dan dianggap hal biasa.

Perdarahan

Perdarahan adalah salah satu gejala keguguran yang paling umum. Namun, perdarahan ringan atau bercak-bercak mungkin tidak selalu dianggap sebagai tanda keguguran oleh beberapa perempuan. Keluarnya bercak selama kehamilan sering dianggap sebagai menstruasi yang tidak biasa atau sebagai tanda-tanda awal kehamilan. Hanya saja, jika pendarahan ini terjadi dalam waktu lama dan dan di waktu seseorang telah terlambat haid, bisa jadi ini sebagai gejala awal keguguran. 

Kram Perut

Studi yang dipublikasikan di laman resmi WHO (World Health Organization) atau CDC (Centers for Disease Control and Prevention), disebutkan jika kram perut yang terjadi selama kehamilan mungkin juga disalahartikan sebagai gejala menstruasi biasa. Kram perut yang terjadi selama keguguran seringkali lebih intens dan berlangsung lebih lama daripada kram menstruasi biasa. Jika kamu merasa kram yang tidak biasa, sebaiknya segera konsultasikan dengan profesional medis. Terlebih jika kamu sudah telat haid dan menemukan tanda-tanda kehamilan sebelumnya.

Kehilangan Gejala Kehamilan

Selama kehamilan, beberapa perempuan mengalami perubahan pada tubuh mereka, seperti payudara yang membesar dan mual. Salah satu gejala keguguran yang sering terjadi adalah hilangnya gejala-gejala ini secara tiba-tiba. Meskipun ini tidak selalu berarti keguguran, itu bisa menjadi tanda yang harus lebih diperhatikan. Pemeriksaan kehamilan secara rutin adalah hal yang penting dilakukan demi menjaga kehamilan tetap aman, sehat serta lancar hingga persalinan. 

Sakit Punggung Bawah

Sakit punggung bawah adalah gejala keguguran yang sering terjadi namun sering disalahartikan sebagai masalah punggung atau ketegangan otot. Terkadang, gejala ini muncul bersamaan dengan perut kram dan perdarahan. Gejala ini juga dibarengi dengan kondisi tubuh yang tak seperti biasanya dan hilangnya gejala kehamilan. Ini kamu mengalami saking punggung hebat selama kehamilan, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kehamilan ke ahlinya.

Nyeri di Area Panggul

Nyeri di area panggul atau panggul bagian juga bisa menjadi indikasi gejala keguguran yang jarang disadari.. Nyeri ini mungkin datang dan pergi atau bersifat kronis. Kadang-kadang, ini bisa  disalahartikan sebagai gangguan panggul atau masalah kesehatan lainnya. Tapi, jika ini terjadi selama kehamilan, jangan anggap sepele Sahabat Fimela. 

Penting untuk diingat bahwa tidak semua kehamilan yang mengalami gejala-gejala ini akan berakhir dengan keguguran. Namun, jika kamu mengalami gejala-gejala ini atau memiliki kekhawatiran tentang kehamilanmu, segera hubungi profesional medis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading