Sukses

Health

Anjuran Makan yang Benar untuk Pemilik Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Menurunkan kolesterol yang tinggi memerlukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Makanan sangat berpengaruh dalam kenaikan kolesterol. Sehingga anjuran makan harus diperhatikan dengan benar.

Jangan makan terlalu banyak, jika Sahabat Fimela memiliki kolesterol tinggi. Pantau ukuran porsi untuk menghindari kelebihan kalori dan berat badan berlebihan. Saat tubuh mengalami kenaikan berat badan hingga obesitas, maka akan membuat kolesterol naik dan berbahaya untuk kesehatan jantung.

Selain mengatur pola makan, ada baiknya melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Berikut anjuran makan yang benar untuk pemilik kolesterol tinggi:

Anjuran Makan yang Benar

1. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh dan Trans Fat:

Anjuran makan yang pertama, dengan membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans fat. Lemak jenuh umumnya ditemukan dalam daging berlemak, produk susu tinggi lemak, dan makanan olahan. Hindari makanan cepat saji dan camilan yang mengandung trans fat, seperti keripik kentang.

2. Pilih Lemak Sehat

Gantilah lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti lemak alpukat, minyak zaitun, dan lemak dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Konsumsi ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel yang mengandung asam lemak omega-3.

3. Tingkatkan Serat dalam Makanan

Makan makanan yang tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Anjuran Makan yang Benar

4. Pilih Sumber Protein Sehat

Konsumsi sumber protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan, dan kedelai. Batasi konsumsi daging merah, terutama yang tinggi lemak.

5. Kurangi Gula dan Karbohidrat Refined

Batasi konsumsi gula tambahan dan karbohidrat olahan seperti gula, permen, dan roti putih. Ini dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading