Sukses

Health

10 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Awet Muda dan Panjang Usia

Fimela.com, Jakarta Awet muda adalah dambaan banyak orang. Meskipun tidak mungkin mencegah penuaan sepenuhnya, kamu dapat mengambil langkah-langkah sederhana dalam gaya hidup sehari-hari untuk menjaga tubuh dan kulit tetap segar. Selain itu, gaya hidup yang tepat tak hanya membantumu awet muda. Ini juga memungkinkanmu memiliki usia lebih panjang, tubuh lebih sehat dan pikiran lebih bahagia. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membantu menjagamu tetap awet muda. Kebiasaan ini juga membantumu memiliki usia lebih panjang dari yang seharusnya.

Konsumsi Lebih Banyak Sayur dan Buah-buahan

Makanan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan penampilan. Sayur dan buah-buahan mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa membantu melawan kerusakan sel dan menjaga kulit tetap sehat. 

Berbagai jenis buah dan sayur mengandung nutrisi yang berbeda, jadi cobalah berbagai macam untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. Selain bikin awet muda, sayur dan buah juga memenuhi nutrisi tubuh agar lebih sehat. Tubuh sehat memungkinkanmu memiliki usia lebih panjang.

Kurangi Konsumsi Daging Merah

Daging merah mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Ini bisa berkontribusi pada penuaan dini. Cobalah untuk menggantinya dengan sumber protein yang lebih sehat seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau protein nabati seperti kacang-kacangan dan tahu. 

Minum Air Putih Cukup

Air adalah elemen penting dalam menjaga kulitmu tetap lembap dan sehat. Pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air putih sehari. Air juga membantu dalam proses detoksifikasi tubuh dan menjaga fungsi organ-organ tubuhmu agar bekerja lebih optimal. Air adalah asupan penting untuk miliki tubuh sehat awet muda dan panjang usia. 

Hindari Stres

Stres dapat mempercepat penuaan, baik secara fisik maupun mental. Cobalah teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau berolahraga untuk mengurangi tingkat stres dalam hidupmu. Terapi atau konseling juga bisa membantu jika kamu menghadapi stres yang berat. Pikiran bahagia dan nyaman, adalah kunci utama awet muda dan panjang usia.

Kurangi Garam dan Gula

Mengonsumsi terlalu banyak garam dan gula bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan penuaan dini. Cobalah untuk mengurangi konsumsi garam dengan menghindari makanan olahan dan makanan cepat saji.Cobalah untuk lebih banyak memasak makanan sendiri yang lebih sehat. Batasi juga konsumsi gula tambahan dalam minuman dan makanan untuk dapatkan tubuh awet muda dan lebih sehat.

Hentikan Konsumsi Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol bisa mengganggu tidurmu. Padahal, tidur sangat penting untuk regenerasi sel-sel tubuh. Cobalah untuk membatasi konsumsi kafein dan alkohol, terutama menjelang tidur. Air herbal atau teh hijau mungkin menjadi alternatif yang lebih baik. Ini tak hanya bikin sehat tetapi juga bikin pikiran lebih bahagia.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup adalah bagian penting dari perawatan tubuhmu. Selama tidur, tubuhmu melakukan perbaikan dan regenerasi. Usahakan untuk tidur 7-9 jam per malam untuk memastikan tubuhmu mendapatkan istirahat yang cukup. Pastikan juga kamu memiliki tidur berkualitas tanpa beban setiap harinya. 

Lindungi Diri dari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari yang berlebih bisa merusak kulitmu dan menyebabkan penuaan kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup dan kenakan pakaian pelindung saat berada di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari yang sehat adalah sinar matahari pagi di antara pukul 6 hingga 9 pagi. Selebihnya, ini cukup berbahaya buat kesehatan dan kecantikan kulit.

Olahraga Rutin

Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga otot dan tulang tetap kuat, serta mengurangi risiko penyakit. Cobalah untuk menjaga rutinitas olahraga yang teratur, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau senam. Kalau pun tak memiliki olahraga rutin, pastikan untuk memiliki gerak tubuh. Terlalu banyak diam atau duduk, berdampak sangat buruk buat kesehatan dan kecantikanmu.

Ganti Gorengan dengan Makanan Rebus atau Kukus

Gorengan mungkin sebagai masakan yang sangat enak dan disukai siapa saja. Tapi, konsumsi gorengan secara terus menerus tidaklah baik buat kesehatan. Agar kamu bisa awet muda dan panjang usia, cobalah mengganti konsumsi gorengan dengan makanan yang direbus atau dikukus. Beberapa makanan akan semakin lezat justru jika dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Ini juga lebih sehat dan kaya manfaat. 

Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari bisa memiliki dampak besar pada kesehatan dan penampilanmu seiring waktu. Kombinasikan kebiasaan-kebiasaan di atas dengan pola makan yang seimbang dan perawatan kulit yang tepat. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika perlu demi tubuh yang awet muda dan panjang usia. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading