Sukses

Beauty

Tips Awet Muda: Kiat-Kiat Sederhana untuk Merawat Kulit dan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Awet muda menjadi dambaan semua wanita. Selain menunjang penampilan, tampak awet muda dapat meningkatkan kepercayan diri seseorang.

Setiap orang bisa awet muda asalkan berkomitmen menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Tak hanya itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulit dan tubuh tetap sehat dan awet muda. Berikut ini adalah beberapa tips awet muda yang dapat kamu lakukan.

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Dilansir dari Harvard Health Publishing, makanan yang sehat dan bernutrisi dapat berfungsi memperbaiki kesehatan tubuh dan membantu memperlambat proses penuaan. Disarankan memilih makanan yang rendah lemak, mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral. Ada pun makanan sehat yang bisa kamu konsumsi secara rutin yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak.

2. Konsumsi Air yang Cukup

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan menghindari keriput pada kulit. Selain itu, air juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu minum air setidaknya 8 gelas air mineral setiap harinya.

3. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur menjadi salah satu cara efektif untuk awet muda. Hal ini dikarenakan olahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga berat badan yang sehat, dan meningkatkan kesehatan mental. Kamu bisa melakukan olahraga seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda setidaknya 30 menit setiap hari.

Berjemur dibawah sinar matahari terlalu lama dapat mempercepat proses penuaan

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Cobalah untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam. Istirahat yang cukup juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan energi.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Dilansir dari Mayo Clinic, paparan sinar matahari terlalu lama dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Cobalah untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada saat matahari sedang terik.

Selain itu, penting juga melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dengan menggunakan sunscreen. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali kamu mau keluar rumah ya.

6. Jangan Merokok

Jika kamu perokok aktif, sebaiknya segera berhenti. Sebab, merokok dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

7. Perawatan Kulit yang Teratur

Perawatan kulit yang teratur dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menjaga kesehatan kulit. Melakukan perawatan kulit tidak harus dengan perawatan mahal. Kamu bisa melakukan perawatan kulit yang sederhana tetapi efektif dengan cara membersihkan wajah secara teratur, sering memakai pelembab, dan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alami dan aman untuk kulit.

8. Kurangi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, seperti hati dan ginjal. Sebaiknyab kurangi konsumsi alkohol atau menghindari konsumsi alkohol.

Stop makan junk food jika kamu ingin awet muda!

9. Menghindari Stres

Stres dapat mempercepat proses penuaan dan menjadi penyebab masalah kesehatan lainnya. Cobalah untuk menghindari stres sebisa mungkin dengan cara merelaksasi diri, berolahraga, atau melakukan aktivitas yang kamu sukai.

10. Tetap Aktif Bersosial

Tetap aktif bersosial dapat membantu menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Kamu bisa aktif bersosial dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman, atau kamu juga bisa bergabung dengan kelompok atau organisasi yang memiliki minat yang sama dengan kamu.

11. Hindari Penggunaan Produk Kecantikan yang Berbahaya

Dilansir dari National Institutes of Health, beberapa produk kecantikan mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hal tersebut dapat merusak kulit dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Pastikan untuk membaca label dengan seksama sebelum membeli produk kecantikan dan memilih produk yang mengandung bahan-bahan alami dan aman untuk kulit.

12. Menghindari Kebiasaan yang Tidak Sehat

Kebiasaan yang tidak sehat, seperti begadang, sering mengonsumsi makanan cepat saji (junk food), atau minum minuman bersoda dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Apabila kamu terbiasa dengan kebiasaan ini, sebaiknya segera membiasakan diri dengan kebiasaan hidup sehat demi mendapatkan kulit awet muda.

Demikian tips awet muda dengan melakukan kiat-kiat sederhana untuk merawat kulit dan tubuh. Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat memperlambat proses penuaan, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan jika kamu mengalami masalah kesehatan atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara menjaga kesehatan dan kecantikan.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading