Sukses

Health

9 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Fimela.com, Jakarta Memiliki gigi yang sehat dan kuat adalah dambaan setiap orang. Gigi yang sehat, akan menjamin organ tubuh secara keseluruhan jadi lebih sehat pula. Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki kesehatan gigi optimal. Beberapa orang yang rutin melakukan pemeriksaan gigi dan menjaga kesehatannya dengan baik, tak jarang kecolongan mendapati giginya mengalami kerusakan. 

Seperti yang kita tahu, kesehatan gigi adalah aspek penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari justru menyebabkan gigi rusak. Mengutip dari laman healthline.com, di bawah ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi.

Melewatkan Sikat Gigi

Salah satu kebiasaan terburuk yang dapat merusak kesehatan gigi adalah melewatkan sikat gigi. Ini memungkinkan plak dan bakteri menumpuk, yang bisa menyebabkan pembusukan gigi dan masalah gusi. Solusi terbaik untuk mencegah dan mengatasi ini adalah menjaga rutinitas kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari.

Menyikat Terlalu Keras

Terlalu keras menyikat gigi dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan sensitivitas gigi. Sebaiknya, sikat gigi dengan gerakan lembut dan gunakan sikat yang lembut.

Makan Panas

Makanan atau minuman yang sangat panas akan merusak enamel gigi dan menyebabkan retakan. Cobalah untuk menunggu makanan panas menjadi hangat sebelum mengonsumsinya. Atau akan lebih baik jika makanan tersebut sudah dingin.

Makan Terlalu Dingin (Es)

Makanan atau minuman yang sangat dingin, seperti es, dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif. Hindari mengunyah es atau minuman yang terlalu dingin secara berlebihan. Beberapa makanan dingin yang mengandung pemanis seperti es krim dan sejenisnya, akan jauh lebih merusak dan membuat gigi bermasalah.

Makan Manis

Konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan akan memicu pembusukan gigi dan masalah kesehatan gigi lainnya. Batasi konsumsi gula, terutama gula tambahan dalam makanan dan minuman.

Merokok

Merokok adalah faktor risiko utama bagi masalah gigi dan mulut. Rokok bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi, menyebabkan masalah gusi, dan meningkatkan risiko kanker mulut. Yang terbaik adalah berhenti merokok sama sekali.

Konsumsi Alkohol

Alkohol juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan gigi. Alkohol mengandung asam yang dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko pembusukan gigi. Batasi konsumsi alkohol dan pastikan untuk menjaga kebersihan mulut. Akan lebih baik jika kamu menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol demi dapatkan gigi serta organ tubuh secara menyeluruh yang lebih sehat.

Menggunakan Gigi sebagai Alat

Menggunakan gigi sebagai alat seperti menggigit benda-benda keras seperti bungkus makanan ringan dan kuku atau membuka sesuatu dengan gigi, bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Sebaiknya, hanya gunakan gigi sebagai alat untuk mengunyah makanan. Tidak untuk hal lain terutama yang bisa merusak kesehatan gigi.

Tidak Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala

Sikat gigi memiliki masa pakai terbatas, dan sikat yang sudah lama digunakan dapat mengumpulkan bakteri dan menjadi kurang efektif. Gantilah sikat gigimu setiap tiga hingga empat bulan sekali. Sebaiknya gunakan juga sikat gigi yang berkualitas dan ramah untuk gigi serta gusimu. 

Nah, itulah sekian kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi yang optimal, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan rutin dengan dokter gigi, mengikuti kebiasaan kebersihan mulut yang baik, dan menghindari kebiasaan yang merusak gigi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

*Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di tautan ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading