Sukses

Health

Berapa Biaya Cek Kolesterol di Rumah Sakit dan Apotik? Simak Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Pemeriksaan kolesterol adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sahabat Fimela dapat memilih untuk melakukan pemeriksaan ini di apotik atau rumah sakit. Tentu saja biasanya sangat bervariasi.

Biaya yang ditentukan tergantung pada lokasi dan jenis tes yang dipilih. Terlepas dari biaya, penting untuk diingat bahwa mencegah masalah kolesterol tinggi jauh lebih baik daripada mengobatinya. Konsultasikan dengan dokter untuk mendiskusikan opsi terbaik dan seberapa sering perlu melakukan pemeriksaan kolesterol.

Pemantauan rutin terhadap kadar kolesterol di dalam tubuh sangat penting. Namun, perlu juga menjaga gaya hidup tetap sehat, dengan mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin. Cek biaya cek kolesterol di rumah sakit dan apotik berikut ini:

Orang yang Wajib Melakukan Cek Kolesterol

Pemeriksaan kolesterol dapat dilakukan bagi siapapun, baik perempuan maupun laki-laki. Anak-anak dari usia 9 tahun hingga lanjut usia, juga diperbolehkan melakukan cek kolesterol. Cek kolesterol bisa dilakukan setiap lima tahun sekali bagi usia lanjut.

Untuk anak dengan usia 9-11 tahun dan 17-21 tahun, bisa dilakukan sebanyak sekali hingga dua kali saja. Bagi seseorang yang sedang mengalami masa pubertas, ada baiknya tidak melakukan cek kolesterol. Karena hasil yang didapatkan tidak akan akurat, akibat pengaruh hormon pubertas.

Seseorang yang sangat wajib melakukan tes kolesterol adalah penderita penyakit jantung atau memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung, penderita hipertensi, orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dan penderita obesitas. Lelaki dengan usia di atas 45 tahun, perempuan di atas 55 tahun, juga wajib melakukan cek kolesterol secara rutin. Apalagi jika seseorang dengan gaya hidup tak sehat, seperti suka mengonsumsi makanan berlemak, memiliki kebiasaan merokok dan kurang gerak.

Biaya Cek Kolesterol di Rumah Sakit dan Apotik

Salah satu cara yang mudah dan cepat untuk memeriksa kadar kolesterol adalah dengan menggunakan layanan apotik. Apotik biasanya menawarkan layanan pemeriksaan kolesterol dengan biaya yang relatif terjangkau. Beberapa apotik menawarkan paket kesehatan yang mencakup pemeriksaan kolesterol bersama dengan pemeriksaan lainnya, seperti tekanan darah atau gula darah, dengan harga yang lebih terjangkau.

Sahabat Fimela juga dapat melakukan pemeriksaan kolesterol di rumah sakit. Biasanya, pemeriksaan kolesterol di rumah sakit lebih lengkap dan akurat, dan dapat memeriksa berbagai aspek kadar kolesterol, termasuk LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida. Dokter juga akan menyarankan untuk cek kesehatan secara menyeluruh, untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Proses pemeriksaan kolesterol biasanya melibatkan tes darah sederhana yang diambil dari ujung jari. Hasilnya biasanya dapat diketahui secara langsung. Ada baiknya menyiapkan uang sekitar 50ribu hingga 200ribu rupiah, untuk melakukan cek kolesterol di apotik maupun rumah sakit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading