Sukses

Health

5 Sumber Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi untuk Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Makanan adalah salah satu aspek paling penting yang sangat berpengaruh untuk tubuh. Selain memenuhi kebutuhan akan energi, makanan juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Untuk itu, pilihlah makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi lengkap.

Makanan dapat mempengaruhi kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika sering mengonsumsi makanan yang berlemak dan tinggi gula, maka kolesterol jahat akan meningkat. Hal ini akan meningkatkan berbagai macam penyakit, salah satunya jantung.

Sahabat Fimela juga harus mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Selain memilih makanan bernutrisi, lakukan juga olahraga secara rutin dan cek kesehatan berkala. Berikut sumber nutrisi yang wajib dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan kolesterol:

Sumber Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi

1. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Sumber nutrisi ini dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah, yang merupakan jenis lemak darah. Asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Sumber utama asam lemak omega-3 termasuk ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden. Temukan juga asam lemak omega-3 dalam kacang kenari, biji chia, dan minyak ikan.

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Biji-bijian utuh seperti oatmeal, gandum utuh, beras merah, dan quinoa adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengurangi kadar kolesterol LDL. Buat sarapan yang sehat dengan mencampurkan oatmeal dengan buah-buahan segar dan madu. Selain itu, gandum utuh dapat digunakan sebagai bahan dasar roti dan pasta yang lebih sehat.

Sumber Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale mengandung serat, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa sayuran hijau juga mengandung asam folat, yang dapat membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tambahkan sayuran hijau ini dalam salad, smoothie, atau sajian rebusan sebagai bagian dari makanan harianmu.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang mengandung lemak sehat, serat, dan protein nabati yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung antioksidan dan fitonutrien yang melindungi arteri dari kerusakan.

5. Buah-buahan

Buah-buahan segar seperti apel, stroberi, jeruk, dan pisang mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Buah dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsilah berbagai jenis buah-buahan segar sebagai camilan sehat atau tambahkan dalam sarapan untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading