Sukses

Health

5 Anjuran Makan Cokelat untuk Pemilik Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Cokelat adalah salah satu makanan yang sering dihindari pemilik kolesterol. Namun, tidak semua jenis cokelat harus dihindari pemilik kolesterol. Salah satu cokelat yang baik untuk dikonsumsi adalah cokelat hitam.

Cokelat hitam memiliki kandungan kakao yang tinggi, yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan jantung. Cokelat hitam juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas yang sehat. Meskipun cokelat hitam baik untuk kolesterol, tapi tetap harus dikonsumsi dalam batas wajar.

Konsumsi cokelat hitam harus dilakukan dengan bijak agar tidak meningkatkan asupan kalori, lemak, dan gula. Ada beberapa anjuran yang tepat untuk mengonsumsi cokelat. Berikut anjuran mengonsumsi cokelat untuk menurunkan kolesterol:

Perbedaan Cokelat Hitam dan Cokelat Susu

Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung tingkat kakao yang lebih tinggi daripada cokelat susu. Cokelat hitam juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah dan tidak mengandung susu atau produk susu. Cokelat hitam memiliki rasa lebih kuat, cenderung lebih pahit, dan memiliki warna yang lebih gelap.

Cokelat Susu

Cokelat susu mengandung lebih banyak susu atau produk susu, yang memberikan rasa lebih manis dan lembut. Cokelat susu cenderung memiliki kandungan kakao yang lebih rendah dan lebih banyak gula. Cokelat susu dapat meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.

Anjuran Makan Cokelat

1. Pilih Cokelat Hitam dengan Kakao Tinggi

Pastikan untuk memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi, minimal 70% atau lebih. Semakin tinggi kandungan kakao, semakin banyak manfaat kesehatan yang didapatkan.

2. Perhatikan Porsi

Konsumsilah cokelat hitam dalam porsi yang seimbang. Biasanya, satu hingga dua kotak (sekitar 20-30 gram) per hari adalah jumlah yang disarankan.

3. Hindari Cokelat dengan Gula Tambahan

Cokelat hitam yang baik harus rendah gula tambahan. Hindari mengonsumsi cokelat yang mengandung gula berlebih.

4. Perhatikan Kalori Total

Meskipun cokelat hitam memiliki manfaat kesehatan, itu masih mengandung kalori. Jangan berlebihan dalam mengonsumsinya dan perhatikan total asupan kalori. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengikuti diet khusus, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum menambahkan cokelat hitam ke dalam diet.

5. Konsumsi dalam Diet Seimbang

Gunakan cokelat hitam sebagai bagian dari diet seimbang yang juga mencakup berbagai jenis makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan makanan rendah lemak lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading