Sukses

Health

Cara Membuat Susu Kedelai yang Baik untuk Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang serius dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk mengelola kadar kolesterol dalam tubuh, diet yang sehat menjadi kunci penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi susu kedelai.

Susu kedelai adalah pilihan yang rendah kandungan lemak jenuh dan bebas kolesterol. Susu kedelai dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Susu kedelai bisa dibeli di toko, tapi sayangnya mengandung bahan tambahan dan pemanis yang mungkin tidak sehat.

Untuk memastikan Sahabat Fimela mendapatkan manfaat penuh dari susu kedelai, ada baiknya membuat susu kedelai sendiri di rumah. Susu kedelai dapat disajikan dengan cara yang sama seperti susu sapi, yaitu dengan meminumnya langsung, menambahkannya ke kopi atau teh, atau menggunakannya sebagai bahan dasar dalam berbagai hidangan, seperti smoothie, sereal, atau kue. Simak cara membuat susu kedelai berikut ini yang aman untuk kolesterol:

Manfaat Susu Kedelai untuk Kolesterol

1. Tidak Mengandung Kolesterol

Susu kedelai adalah sumber protein nabati yang baik dan tidak mengandung kolesterol. Susu kedelai berbeda dengan susu hewani seperti susu sapi, yang tinggi kandungan lemak jenuh dan kolesterol.

2. Rendah Lemak Jenuh

Susu kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang jauh lebih rendah daripada susu hewani. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

3. Kaya Serat

Kedelai mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

4. Isoflavon

Kedelai juga mengandung senyawa isoflavon, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Isoflavon dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

5. Alternatif Laktosa

Susu kedelai juga merupakan alternatif yang baik bagi seseorang yang intoleran laktosa atau alergi susu sapi. Sehingga susu kedelai sangat aman untuk pencernaan, kesehatan jantung dan kolesterol.

Cara Membuat Susu Kedelai

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 1 cangkir kedelai kering
  • Air
  • Madu atau gula kelapa
  • rasa tambahan vanila atau cokelat (opsional)

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama, rendam kedelai kering dalam air selama setidaknya 8-12 jam. Ini akan membuat kedelai menjadi lebih lembut dan memudahkan untuk diproses.
  2. Setelah kedelai di rendam, bilas bersih dengan air bersih dan tiriskan. Ini akan menghilangkan residu yang tidak diinginkan dan meningkatkan rasa susu kedelai.
  3. Masukkan kedelai yang sudah direndam ke dalam blender bersama dengan air segar. Secara umum, gunakan sekitar 1 cangkir kedelai untuk setiap 3-4 cangkir air. Sesuaikan jumlah air dengan seberapa kental atau encer yang diinginkan susu kedelai.
  4. Proses kedelai dan air dalam blender hingga menjadi pasta halus. Pastikan semua kedelai telah hancur sepenuhnya.
  5. Gunakan kain khusus pembuat susu kedelai atau kain saring bersih untuk menyaring campuran kedelai tersebut, jika ingin memisahkan cairan (susu kedelai) dari ampas kedelai yang kasar. Peras campuran sebaik mungkin untuk mendapatkan sebanyak mungkin susu kedelai.
  6. Jika ingin menambahkan pemanis atau rasa tambahan, beri sedikit pemanis atau rasa sesuai selera dan campur hingga merata.
  7. Tuangkan susu kedelai yang sudah jadi ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas. Susu kedelai bisa bertahan selama 3-5 hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading