Sukses

Health

5 Cara Memasak Tanpa Menggunakan Garam yang Aman untuk Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Garam atau natrium klorida, adalah mineral penting yang ditemukan dalam banyak makanan. Garam sering dijadikan sebagai perasa masakan. Sehingga hidangan yang disajikan akan memilih rasa gurih dan asin yang lezat.

Walaupun garam sering dianggap dapat menyebabkan berbagai macam penyakit untuk tubuh, tapi tubuh kita memerlukan garam. Garam memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf, serta memelihara tekanan darah yang sehat. Ada baiknya mengonsumsi garam dengan bijak.

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Garam akan mempercepat peningkatak kolesterol jahat dalam tubuh. Tak perlu khawatir, Sahabat Fimela dapat memasak tanpa menggunakan garam untuk membuat masakan menjadi lezat, dengan cara sehat berikut ini:

Cara Memasak Tanpa Menggunakan Garam

1. Makanan dengan Bumbu

Gantilah garam dengan bumbu dan rempah-rempah. Misalnya, gunakan merica, bawang putih, bawang merah, herba segar seperti oregano, dan basil untuk memberikan rasa pada hidangan.

2. Sup Sayuran

Cobalah membuat sup sayuran yang kaya rasa dengan bahan-bahan seperti tomat, wortel, bawang, dan seledri. Resep ini hanya perlu sedikit garam untuk memberikan rasa. Sehingga akan membuat hidangan menjadi rendah kolesterol.

3. Pasta dengan Saus Tomat

Saus tomat mengandung sedikit garam dan lemak. Cobalah menggunakan  saus tomat yang dibuat sendiri dengan tomat segar dan tambahkan bumbu untuk memberikan rasa. Saus yang dibuat sendiri akan lebih menyehatkan.

Cara Memasak Tanpa Menggunakan Garam

4. Makanan Jepang

Apakah Sahabat Fimela senang mengonsumsi makanan dari Jepang? Makanan Jepang sering menggunakan sedikit garam. Sushi dan hidangan lainnya cenderung rendah garam dan lemak.

5. Panggang atau Rebus

Panggang atau rebus makanan sebagai alternatif menggoreng. Metode ini memerlukan sedikit atau tanpa tambahan garam. Sehingga lebih rendah kolesterol dan aman untuk kesehatan jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading