Sukses

Health

5 Anjuran Mengonsumsi Gula yang Aman untuk Kolesterol dan Diabetes

Fimela.com, Jakarta Gula adalah bahan makanan dan minuman yang bisa membuat hidangan terasa lebih manis. Terlalu banyak gula sangat berbahaya meningkatkan kolesterol. Gula juga dipercaya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Gula tambahan seperti sukrosa (gula meja) dan fruktosa (gula buah), dapat memengaruhi kolesterol dalam tubuh. Konsumsi gula yang tinggi, terutama dalam bentuk fruktosa, dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah lemak darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika dalam kadar yang tinggi.

Gula tambahan juga dapat berdampak pada kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), yang membantu membersihkan kolesterol jahat dari pembuluh darah. Penurunan kolesterol HDL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Berikut anjuran mengonsumsi gula yang tepat agar aman untuk kolesterol:

Anjuran Mengonsumsi Gula

1. Batas Konsumsi Gula Harian

Organisasi kesehatan seperti American Heart Association merekomendasikan batasan konsumsi gula tambahan harian. Disarankan tidak lebih dari 100 kalori (sekitar 25 gram atau 6 sendok teh) gula tambahan per hari untuk perempuan dan tidak lebih dari 150 kalori (sekitar 37,5 gram atau 9 sendok teh) gula tambahan per hari untuk laki-laki.

2. Perhatikan Label Gizi

Ketika berbelanja makanan olahan atau makanan kemasan, perhatikan label gizi. Cari istilah-istilah seperti sukrosa, glukosa, fruktosa, sirup jagung tinggi fruktosa, dan gula lainnya. Waspadai berapa banyak produk mengandung gula tambahan.

3. Pilih Makanan Alami

Makanan alami seperti buah, sayuran, dan biji-bijian utuh mengandung gula alami dan serat yang lebih baik untuk kesehatan daripada gula tambahan. Cobalah untuk lebih fokus pada makanan alami dan kurangi konsumsi makanan olahan yang kaya gula.

Anjuran Mengonsumsi Gula

4. Batasi Minuman Manis

Minuman manis seperti minuman bersoda, minuman olahraga, dan jus buah mengandung gula tambahan yang tinggi. Batasi konsumsi minuman manis ini dan lebih sering minum air, teh herbal, atau minuman rendah kalori.

5. Pilihan Gula yang Lebih Sehat

Jika ingin menambahkan gula ke minuman atau makanan, pertimbangkan untuk menggunakan pilihan gula yang lebih sehat, seperti gula kelapa, stevia, atau madu. Meskipun gula alternatif ini juga harus digunakan dengan bijak, tapi mungkin lebih baik daripada gula meja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading