Sukses

Health

3 Cara Memasak yang Aman untuk Kolesterol Rendah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah salah satu faktor kunci yang dapat memengaruhi kesehatan jantung. Tingkat kolesterol yang tinggi, terutama kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang dikenal sebagai kolesterol jahat, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan memasak makanan yang rendah kolesterol dan menjaga pola makan yang seimbang.

Mungkin ada sebagian orang yang menganggap memasak itu mudah. Sebenarnya, ada cara yang tepat untuk memasak, agar masakan menjadi rendah kolesterol. Jika salah dalam mengolah makanan, bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat di dalam makanan menjadi meningkat.

Sahabat Fimela bisa memilih bahan masakan yang organik dan menyehatkan. Pastikan untuk menghindari bahan makanan yang mengandung lemak jenuh. Berikut cara memasak yang benar, agar rendah kolesterol dan aman untuk jantung:

1. Pilih Bahan Makanan yang Tepat

Sebelum memulai memasak, ada baik untuk memilih bahan masakan yang tepat. Sahabat Fimela bisa memilih bahan yang aman untuk kolesterol rendah. Berikut adalah beberapa panduan untuk memilih bahan makanan yang tepat:

  1. Pilih Daging Rendah Lemak: Pilih daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, atau ikan yang rendah lemak, seperti salmon atau ikan laut lainnya. Hindari daging berlemak, seperti daging sapi berlemak atau daging babi yang mengandung banyak lemak jenuh.
  2. Gantilah dengan Alternatif Nabati: Untuk variasi, pertimbangkan untuk menggantikan daging dengan alternatif nabati seperti tahu, tempe, atau jamur. Ini adalah pilihan yang rendah kolesterol dan lemak hewani.
  3. Gunakan Minyak Sehat: Saat memasak, gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun extra virgin, minyak canola, atau minyak biji rami. Minyak-minyak ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang baik untuk jantung.

2. Gunakan Metode Memasak yang Tepat

Cara memasak makanan juga dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam hidangan . Beberapa metode memasak yang aman untuk kolesterol rendah meliputi:

  1. Panggang atau Rebus: Panggang atau rebus daging, ikan, atau sayuran sebagai alternatif menggoreng. Menggoreng makanan dalam minyak banyak dapat meningkatkan kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam hidangan.
  2. Panggang Tanpa Minyak: Jika ingin menghindari minyak sepenuhnya, pertimbangkan untuk menggunakan metode panggang tanpa minyak. Gunakan permukaan anti lengket atau lap yang telah diberi lapisan silikon untuk menghindari makanan lengket.
  3. Kukus: Menggunakan metode kukus adalah cara yang baik untuk memasak sayuran dan ikan. Ini mempertahankan nutrisi dan rasa tanpa perlu menambahkan minyak atau lemak tambahan.

3. Batasi Garam dan Gula

Penggunaan garam berlebihan dalam masakan dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Gantilah garam dengan bumbu dan rempah-rempah seperti merica, bawang putih, bawang merah, atau herba segar seperti rosemary atau thyme untuk memberikan rasa pada hidangan.

Gula adalah faktor lain yang perlu diawasi, terutama jika memiliki risiko diabetes. Batasi gula tambahan dalam resep dan pertimbangkan penggunaan pemanis alami seperti madu atau sirup maple sebagai alternatif gula.

Ada banyak resep lezat yang rendah kolesterol yang dapat dicoba. Cobalah mencari resep online atau membeli buku masak khusus yang fokus pada masakan sehat untuk jantung. Ini akan memberimu lebih banyak variasi dalam memasak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading