Sukses

Health

Resep Tempe Goreng Bebas Kolesterol yang Praktis, Enak dan Menyehatkan

Fimela.com, Jakarta Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Selain rasanya yang lezat, tempe juga dikenal sebagai makanan yang rendah kolesterol dan tinggi nutrisi. Tempe bisa dijadikan sebagai lauk, dan diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Setiap 100 gram tempe mengandung sekitar 19-20 gram protein. Protein dalam tempe adalah protein lengkap, yang berarti mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Kandungan ini membuat tempe menjadi makanan yang bagus untuk vegetarian dan vegan yang ingin memastikan asupan protein yang cukup.

Tempe juga dianggap sebagai makanan yang bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh. Tempe bisa dijadikan sebagai pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengelola berat badan. Kandungan lemak dalam tempe, terutama lemak tak jenuh, seperti asam lemak omega-3, membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Berikut resep tempe goreng bebas kolesterol yang praktis, enak dan menyehatkan:

Resep Tempe Goreng

Bahan-bahan:

  • 250 gram tempe, potong tipis
  • 1 cangkir tepung oat
  • 2 butir telur, dikocok lepas (opsional, bisa diganti dengan pengganti telur vegan)
  • Minyak sayur untuk menggoreng
  • Garam, merica, dan bumbu pilihan (misalnya, bubuk paprika, bubuk bawang putih) sesuai selera

Cara Memasak:

  1. Potong tempe menjadi irisan tipis atau sesuai selera. Rendam tempe dalam air panas selama 5-10 menit untuk menghilangkan rasa pahit yang kadang dimiliki tempe.
  2. Giling tepung oat hingga halus, kemudian tambahkan garam, merica, dan bumbu lain sesuai selera ke dalam tepung oat. Campur rata.
  3. Celupkan irisan tempe ke dalam telur yang dikocok, kemudian gulingkan dalam campuran tepung oat hingga semua bagian tempe tertutup dengan baik oleh lapisan tepung oat.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng tempe hingga kuning kecoklatan dan renyah, sekitar 2-3 menit setiap sisi.
  5. Letakkan tempe yang telah digoreng di atas kertas tisu atau rak tirisan untuk menghilangkan sisa minyak.
  6. Sajikan tempe goreng tepung oat ini dengan saus pilihan, seperti saus sambal, saus tomat, atau saus keju vegan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading