Sukses

Health

Apakah Saus Kacang Baik untuk Kolesterol? Cek Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Saus kacang yang juga dikenal sebagai peanut butter, adalah makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Saus kacang sering digunakan sebagai selai, bahan dasar makanan, atau campuran dalam berbagai hidangan. Bahan dasar utamanya adalah kacang tanah, yang merupakan sumber protein nabati dan lemak sehat.

Pemilik kolesterol tinggi sering bertanya-tanya, apakah saus kacang baik untuk kolesterol? Sebagian besar lemak dalam saus kacang adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Saus kacang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, magnesium, fosfor, dan potasium.

Sebenarnya saus kacang aman dikonsumsi pemilik koleserol, asalkan dikonsumsi dalam batas wajar. Gunakan saus kacang sebagai campuran dalam smoothie, yogurt, sayuran atau sebagai selai pada roti gandum utuh. Berikut resep saus kacang yang bebas kolesterol:

Saus Kacang dengan Bahan-bahan Sehat

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir saos kacang alami (pastikan hanya ada kacang dan garam dalam daftar bahan)
  • 2 sendok makan air jeruk nipis segar
  • 1 sendok makan kecap asin rendah sodium
  • 1 sendok makan madu murni (opsional)
  • 1-2 siung bawang putih, cincang halus (opsional)
  • Sedikit cabai merah, iris tipis (opsional, untuk rasa pedas)
  • Air, jika diperlukan, untuk mengencangkan tekstur saus

Cara Membuat:

  1. Campurkan saus kacang, air jeruk nipis, kecap asin rendah sodium, dan madu (jika digunakan) dalam mangkuk besar. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan bawang putih dan cabai merah (jika digunakan) untuk memberikan rasa lebih. Aduk kembali hingga merata.
  3. Jika saus terlalu kental, tambahkan sedikit air untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.
  4. Koreksi rasa sesuai selera dengan menambahkan lebih banyak air jeruk nipis, kecap asin, madu, atau cabai merah jika diperlukan.
  5. Saus kacang sehat siap disajikan! Nikmati dengan sayuran segar, salad, atau sebagai saus untuk hidangan ayam panggang atau ikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading