Sukses

Health

5 Manfaat Terong untuk Menurunkan Kolesterol dan Resepnya

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela suka mengonsumsi terong? Terong adalah sayur yang memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Terong bisa dimasak menjadi berbagai macam masakan lezat.

Untuk mencegah kolesterol naik, hindari memasak terong dengan cara menggoreng. Menggoreng terong akan menyebabkan penyerapan minyak berlebih oleh sayuran tersebut. Terong memiliki struktur yang porus, sehingga dapat menyerap minyak dalam jumlah besar selama proses penggorengan.

Lemak yang terserap selama penggorengan menjadi sumber kalori tambahan, mengakibatkan kolesterol naik dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memasak terong. Yuk ketahui manfaat terong dan resep masakan dari terong yang bebas kolesterol:

Manfaat Terong

1. Kaya Serat

Terong adalah sumber serat yang baik. Serat larut dalam air dalam terong membantu mengikat kolesterol jahat (LDL) dan mengeluarkannya dari tubuh, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol total. Dengan mengonsumsi terong secara teratur, maka dapat membantu menjaga tingkat kolesterol dalam batas yang sehat.

2. Melindungi Sel Tubuh

Terong mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E, serta senyawa fenolik, yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan sel ini dapat menyebabkan peradangan dan penumpukan kolesterol dalam arteri. Kandungan ini akan melindungi jantung dari risiko kolesterol tinggi.

3. Tidak Mengandung Kolesterol dan Lemak Jenuh

Terong adalah sayuran rendah kalori yang tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Terong dapat menggantikan makanan tinggi lemak dan kolesterol. Terong akan membantu mengurangi asupan lemak jahat di dalam tubuh.

4. Sumber Sterol Tumbuhan

Terong juga mengandung fitosterol, yang merupakan senyawa tumbuhan yang mirip dengan kolesterol. Fitosterol dapat bersaing dengan kolesterol dalam pencernaan dan membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Terong mengandung kalium, yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Hipertensi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung, dan dengan menjaga tekanan darah dalam batas yang normal, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Resep Terong Panggang

Bahan:

  • 2 buah terong, potong memanjang
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih cincang
  • Garam dan merica secukupnya
  • Keju parmesan parut secukupnya (opsional)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga suhu 200 derajat Celsius.
  2. Campurkan terong, minyak zaitun, bawang putih, garam, dan merica dalam mangkuk besar, pastikan semua terong terlapisi minyak dan rempah-rempah.
  3. Letakkan terong di atas loyang yang sudah dilapisi kertas pembungkus atau alumunium foil.
  4. Panggang terong selama sekitar 25-30 menit atau hingga terong menjadi empuk dan berwarna kecoklatan.
  5. Taburi keju parmesan parut di atas terong yang masih panas sebelum disajikan (jika diinginkan).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading