Sukses

Health

Apakah Olahraga Angkat Beban Bisa Menurunkan Kolesterol? Simak Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga fisik, termasuk angkat beban, memiliki potensi untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Angkat beban dapat meningkatkan kolesterol HDL. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa latihan kekuatan dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, yang membantu membersihkan kolesterol jahat (LDL) dari dinding arteri

Latihan angkat beban dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. Meskipun latihan aerobik seringkali dianggap lebih efektif dalam menurunkan kolesterol LDL, angkat beban juga dapat memberikan manfaat positif. Terutama jika dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular, latihan angkat beban dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol LDL.

Angkat beban juga membantu membakar kalori dan membangun massa otot. Saat ini, berat badan yang seimbang sangat penting untuk kesehatan jantung. Mengurangi lemak tubuh berlebih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang juga berperan dalam pengendalian kadar kolesterol. Lalu, bagaimana cara latihan angkat beban untuk menurunkan kolesterol? Simak artikel berikut ini:

Cara Memulai Latihan Angkat Beban

Untuk mereka yang tertarik untuk mencoba latihan angkat beban sebagai bagian dari upaya menurunkan kolesterol, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum memulai program latihan angkat beban, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Konsultasi sangat diperlukan jika Sahabat Fimela memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya. Dokter dapat memberikan panduan yang sesuai dengan kondisi fisik.

2. Pelajari Teknik yang Benar:

Penting untuk mempelajari teknik latihan angkat beban yang benar untuk menghindari cedera. Mungkin berguna untuk bekerja dengan pelatih yang berpengalaman atau mengikuti kelas latihan kekuatan. Tak perlu khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk latihan, asalkan mendapatkan manfaat yang sesuai.

3. Mulai dengan Beban yang Ringan

Untuk pemula, disarankan untuk memulai dengan beban yang ringan. Kemudian secara perlahan meningkatkan intensitasnya seiring berjalannya waktu. Ini membantu tubuh beradaptasi dengan latihan.

Cara Memulai Latihan Angkat Beban

4. Kombinasi dengan Latihan Kardiovaskular

Latihan angkat beban sebaiknya dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular. Sahabat Fimela bisa melakukan olahraga seperti berlari atau bersepeda, untuk hasil yang lebih optimal dalam mengendalikan kadar kolesterol. Lakukan olahraga ini selama 30 menit setiap hari, untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

5. Atur Pola Makan yang Seimbang

Latihan angkat beban akan memberikan hasil terbaik jika dikombinasikan dengan pola makan yang seimbang. Penting untuk mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak jenuh dan trans serta tinggi serat. Konsultasikan juga kepada dokter atau ahli gizi, untuk mendapatkan menu makanan sehat yang sesuai dengan metabolisme tubuhmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading