Sukses

Health

7 Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi penderita kolesterol untuk memperhatikan asupan makanannya.

Penderita kolesterol tinggi perlu menjaga pola makan yang sehat guna mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sahabat Fimela harus pintar memilih makanan yang akan dikonsumsi setiap hari.

Metabolisme setiap orang berbeda-beda. Konsultasikan pada dokter, agar mendapatkan saran tentang makanan yang sehat untuk tubuhmu. Berikut rekomendasi makanan yang bisa menurunkan kolesterol dan aman untuk kesehatan jantung:

Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus dan salad.

2. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Konsumsi ikan ini secara berkala untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang polong mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Kandungannya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pastikan mengonsumsi dengan takaran harian yang sesuai dengan metabolisme tubuhmu.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki komponen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dimasak dalam makanan sehari-hari dapat membantu mengendalikan kolesterol.

Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

5. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung fitosterol, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tofu, tempe, dan susu kedelai adalah beberapa produk kedelai yang baik untuk dikonsumsi.

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengonsumsi oatmeal dalam sarapan dapat memberikan manfaat yang baik bagi penderita kolesterol tinggi. Konsumsi oatmeal saat sarapan sebagai pengganti nasi putih.

7. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk, dan pisang mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Buah-buahan dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus. Hindari buah-buahan yang tinggi kadar gula.

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, penting juga bagi penderita kolesterol tinggi untuk mengatur pola makan secara umum. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, serta perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading