Sukses

Health

7 Langkah Utama untuk Memulai Hidup Sehat

Fimela.com, Jakarta Hari demi hari sebuah keputusan yang dilakukan akan mempengaruhi diri termasuk keputusan untuk memiliki hidup sehat baik karena bertambahnya usia atau perubahan gaya hidup. Gaya hidup yang kurang sehat dapat meningkatkan gangguan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga struk.

Kamu tentunya mengerti secara betul apa yang kamu perlu dan butuhkan untuk mendapatkan kehidupan yang sehat serta menyenangkan. Bisa dengan rutin berolahraga mungkin atau melakukan kegiatan positif lain yang dapat mengurangi stress. Hanya satu masalahnya, kamu ragu untuk melakukannya. 

Tidak hanya itu saja, kendala lain yang juga menjadi masalah tersendiri juga sulitnya untuk berubah dari kebiasaan yang sudah kering dilakukan seperti memilih untuk menyetir dibandingkan berjalan kaki ke toko terdekat atau lebih memilih makan donat ketibang buah apel.

Tentu saja semuanya membutuhkan proses untuk mendapatkan hidup sehat. Tidak perlu melakukan secara terburu-buru sebab hanya akan mengurangi motivasi dan membuat diri kembali ke kebiasaan yang lama saja. Maka dari itu untuk membuat kamu lebih semangat mendapatkan hidup sehat.

Fimela merangkum 7 langkah pertama yang harus dilakukan untuk hidup sehat. Jangan khawatir sebab langkah-langkah pertama ini hanya membutuhkan kesabaran serta konsistensi saja, informasi ini juga dirangkum dari Harvard Health Publishing Harvard Medical School. Intip informasinya di bawah ini. 

 

1) Pilih pencapaian yang ingin diraih

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk hidup sehat adalah memilih pencapaian yang kamu inginkan. Setelah itu baru kamu bisa melakukan tahao 'eksekusi' seperti memprioritaskan apa yang ingin kamu kejar pada saat ini. Hal ini akan menghindari dari rasa bosan serta tekanan tersendiri. 

2) Tanyakan pertanyaan ke diri sendiri 

Apakah aku punya mimpi yang selaras dengan tujuanku? Mimpi besar seperti lari marathon atau bahkan mendaki gunung Everest atau Kilimanjaro? Punya lemari besar dengan pakaian yang disukai, tidak perlu check kesehatan yang terlalu sering, atau main dan mengikuti olahraga penuh energi dengan anak. Sebuah quote bijak ini dapat membantumu: Jika kamu memiliki mimpi-mimpi besar, jangan menyerah untuk meraihnya. 

3) Pilih pilihan yang cocok untuk hidup sehat

Pilihlah pilihan yang cocok untuk hidup sehat. Kamu mau makan makanan sehat, tetap berolahraga, diet yang lebih efektif serta mampu mengelola stress dengan baik? Lebih baik untuk berkonsentrasi pada suatu tujuan sehingga perubahan-perubahan yang kamu lakukan lebih 'nyaman' dikehidupanmu. Kamu juga bisa fokus sebelum melakukan perubahan positif lainnya. 

4) Buat janji dengan diri sendiri 

Buatlah janji baik verbal maupun tulisan atau dengan 1 atau 2 orang yang akan mendukung kamu misalnya pasangan, anak, guru, dokter, bos bahkan teman yang akan mendukungmu terutama jika dalam keadaan bosan. Lakukanlah perubahan secara eksplisit serta tanamkan pikiran mengapa hal tersebut sangat penting. Itu adalah langkah awal untuk memiliki hasil yang baik. Kamu bisa melakukan mindful walk 2 hari atau seminggu sekali, misalnya kamu juga tidak mau stress maka kamu lakukan aktivitas yang dapat mengurangi stress dengan jalan-jalan tadi. Dengan demikian kamu dapat tidur teratur, meningkatkan mood positif, serta lebih sabar menghadapi tantangan dalam hidup. 

 

5) Ada kalanya kamu akan bosan, ketahuilah hal ini

Mungkin kamu tertarik untuk melakukan meditasi namun membayangkan tidak dapat melakukannya karena waktu yang tidak cukup. Atau kelaparan namun bosan dengan makanan-makanan sehat. Rasa bosan memang sering menghantui terlebih ketika perlahan melakukan perubahan, namun cobalah untuk melawannya.

6) Cari 'celah kecil' yang dapat menjadi cara kembali ke rutinitas biasa 

Cobalah cari cara untuk mengatasi rasa bosan. Tidak punya waktu cukup? Kamu bisa bangun 20 menit lebih awal lalu melakukan olahraga dan juga jalan-jalan santai 10 menit sebelum waktu makan siang. Cara-cara simpel ini akan membuatmu tidak bosan dan kembali ke rutinitas semula. 

7) Siapkan reward sederhana 

Mempersiapkan reward ketika kamu mencapai target-target yang kamu capai, misalnya kamu berhasil mengikuti seluruh kegiatan yang kamu rangkai untuk waktu 1 minggu, kamu bisa memberikan reward untuk dirimu. Contohnya, kamu bisa belanja dengan uang yang kamu tabung setelah berhenti merokok, mandi dipemandian cantik, hingga langganan berbagai layanan musik yang digunakan untuk menemanimu ketika berolahraga. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading