Sukses

Health

5 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari Beserta Pencegahannya

Fimela.com, Jakarta Penyebab kolesterol tinggi harus diperhatikan. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.

Meski penting bagi tubuh, kolesterol dalam kadar terlalu tinggi dapat mengganggu kesehatan. Dilansir dari Alodokter, kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi dapat pula ditemukan di makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu.

Oleh sebab itu, sebaiknya kenali penyebab kolesterol tinggi dan cara mencegahnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari beserta cara pencegahannya: 

Mengonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Salah satu penyebab kolesterol tinggi yaitu mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan lemak trans menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Dilansir dari Halodoc, mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol yaitu makanan hewani seperti jeroan (otak, hati, ginjal, babat), lemak dari daging, daging merah dan kuning telur merupakan penyebab utama kolesterol tinggi

Selain itu, lemak jenuh terkandung dalam daging, susu full cream, biskuit, keripik kemasan, kue kering, dan popcorn juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Kelebihan Berat Badan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih lebih berisiko meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki berat badan berlebih disarankan untuk menurunkan berat badannya. Hal ini dikarenakan apabila berat badan turun, maka akan menurunkan LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Apabila kamu tidak ingin mengalami kadar kolesterol tinggi, sebaiknya jaga berat badan ideal. Hal ini menjadi salah satu langkah agar kadar kolesterol baik "HDL" dan kadar kolesterol jahat "LDL" dalam tubuh dapat stabil.

Stres

Dilansir dari Halodoc, stres diketahui merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi. Stres dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dalam jangka panjang.

Hal ini dikarenakan, seseorang yang sedang mengalami stres, biasanya akan mengonsumsi makanan banyak makanan berlemak untuk menghibur diri. Padahal hal tersebut dapat membuat kadar kolesterol dalam darah naik.

Kebiasaan Merokok

Dilansir dari Hellosehat, merokok menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol dalam darah tinggi. Hal ini dikarenakan rokok mengandung zat acrolein.

Zat tersebut dapat memengaruhi kadar kolesterol jahat "LDL" di dalam tubuh dengan cara menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab menjaga kadar LDL agar tetap pada batas normal. Hal tersebut dapat mengakibatkan penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kurang Olahraga

Kurang berolahraga juga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan apabila seseorang tak pernah berolahraga atau aktifitas fisik, maka akan dapat meningkatkan kolesterol jahat "LDL" dan menurunkan kolesterol baik "HDL".

Kebiasaan menghabiskan waktu untuk duduk berjam-jam di depan laptop dapat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. Oleh sebab itu, rajinlah berolahraga agar dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Kunci utama dari mencegah kolesterol yaitu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Selain itu lakukan pola hidup sehat.

Dilansir dari Halodoc, berikut beberapa cara untuk mencegah kolesterol tinggi.

1. Berhenti merokok

2. Rajin Berolahraga

3. Kurangi konsumsi lemak jenuh

4. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading