Sukses

Health

7 Penyebab Badan Menggigil yang Perlu Diketahui, Pertanda Gangguan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Penyebab tubuh mudah kedinginan atau menggigil bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu. Merasakan kedinginan saat terlalu lama di ruangan ber-AC tentunya merupakan suatu hal yang wajar. Namun, jika kamu mudah merasa kedinginan terus menerus, sebaiknya periksakan kesehatan ke dokter.

Sebagai orang yang hidup di negara tropis dan tidak tinggal di daratan tinggi, merasa kedinginan adalah hal yang cukup aneh. Sebab, meski sama-sama diguyur hujan, kondisi di perkotaan yang notabenenya dataran rendah, cenderung tidak sedingin di daerah pegunungan. Jika tubuh mudah kedinginan pada suhu normal, hal ini bisa menandakan penyakit.

Penyebab tubuh menggigil harus kamu waspadai. Walaupun gejala ini tampak sepele, namun bisa saja kamu mengalami penyakit yang selama ini tidak diduga-duga. Jika kamu terlalu mudah kedinginan atau kedinginan terus menerus, segeralah periksa kondisi kesehatan.

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 7 penyebab badan menggigil yang perlu diketahui. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Gejala Anemia dan Kekurangan Vitamin B12

Anemia

Penyebab tubuh mudah kedinginan yang pertama adalah kamu mengidap anemia. Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen ke dalam darah. Kadar zat besi yang rendah dapat merusak sirkulasi tersebut sehingga timbullah gejala, seperti tangan dan kaki yang dingin.

Tangan dan kaki mengalami kedinginan karena, dalam kondisi kekurangan zat besi, tubuh kamu akan mengalirkan oksigen ke organ-organ penting dulu, seperti jantung dan otak. Tangan dan kaki pun tidak menjadi prioritas.

Kurang zat besi dan vitamin B12 merupakan beberapa penyebab utama anemia. Cara mencegah anemia antara lain adalah dengan mengonsumsi daging, telur, ikan, sayuran hijau seperti bayam, dan boga bahari (seafood).

Kekurangan Vitamin B12

Zat besi dan vitamin B12 berperan penting dalam produksi sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, serta membantu mendistribusikan panas ke seluruh tubuh. Oleh karenanya, tanpa zat besi dan vitamin B12 yang cukup, sel-sel darah merah tidak dapat bekerja dengan efektif, sehingga badan merasa kedinginan.

Orang yang kekurangan asupan vitamin B12 dapat merasakan kedinginan, kebas, dan lemas. Jika kamu ingin mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, coba konsumsi makanan alami, seperti telur, yoghurt, dan keju.

Gangguan Tiroid dan Tubuh Terlalu Kurus atau Anoreksia

Gangguan Tiroid

Penyebab tubuh mudah kedinginan selanjutnya adalah adanya gangguan tiroid. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar pembentuk hormon tiroid, terletak di leher bagian depan dan berbentuk seperti kupu-kupu.

Tanpa hormon tiroid yang cukup, metabolisme tubuh menjadi melambat dan produksi panas tubuh menjadi berkurang. Biasanya seorang yang kekurangan hormon tiroid sering merasakan gejala berupa badan terasa dingin, kulit kering, kelelahan, dan sembelit.

Tubuh Terlalu Kurus atau Anoreksia

Bisa jadi kondisi sering kedinginan ini pertanda bahwa diet kamu sudah kelewat batas. Dengan kata lain, tubuh benar-benar kekurangan lemak tubuh untuk menghangatkan.

Lagipula, memotong kalori secara ekstrem dalam waktu yang lama dapat memperlambat metabolisme. Hal itu justru akan memberi energi yang jauh lebih sedikit bagi tubuh untuk “memanaskan” dirinya.

Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan sehat yang mengandung banyak protein, lemak, dan karbohidrat kompleks

Efek Begadang dan Dehidrasi

Efek Begadang

Penyebab tubuh mudah kedinginan selanjutnya adalah kurang tidur.  Orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah mengalami badan kedinginan. Hal ini terjadi karena kurang tidur dapat mengganggu sistem saraf dan mengacaukan hipotalamus di otak yang mengatur suhu tubuh.

Bila kamu begadang lebih lama dari biasanya, suhu tubuh inti akan turun selama waktu kamu tertidur. Jadi, saat bangun, kamu akan lebih merasa dingin akibat perlambatan metabolisme.

Dehidrasi

Saat tubuh tidak memiliki cukup air, tubuh tidak mampu melakukan sirkulasi darah secara efektif. Akibatnya, beberapa bagian tubuh merasa kedinginan.

Apalagi sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Asupan air yang cukup memegang peranan penting untuk mengontrol suhu tubuh. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami dehidrasi, maka tubuh akan lebih sensitif terhadap suhu ekstrem.

Agar terhindar dari dehidrasi, pastikan kamu selalu mencukupi asupan cairan harian dengan mengonsumsi air setidaknya 8 gelas per hari. Yang terpenting, selalu minum lebih banyak cairan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.

Gejala Diabetes

Penderita diabetes dapat mengalami masalah neuropati perifer sehingga hal tersebut dapat merusak saraf yang bertanggung jawab atas indera. Alhasil, gejala yang ditimbulkan bisa berupa kedinginan.

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi pada saraf dan ginjal. Komplikasi diabetes yang menimpa organ ginjal adalah neuropati diabetik. Gejalanya berupa kedinginan sepanjang waktu, kehilangan selera makan, sesak napas, kebingungan, gatal-gatal, bengkak di bagian tubuh, serta mual dan muntah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading