Sukses

Health

8 Penyebab Sakit Maag yang Wajib Kamu Perhatikan

Fimela.com, Jakarta Sakit maag biasanya dikaitkan dengan pola makan kita yang tidak teratur. Penyakit ini terjadi karena luka yang terbuka dan berkembang pada lapisan lambung.

Istilah lain dari maag adalah tukak lambung. Perut yang dibiarkan kosong biasanya aka memicu produksi asam lambung yang berlebih, hal ini yang dapat menimbulkan gejala maag.

Stress, merokok, dan diet juga seringkali dikaitkan dengan penyebab utama sakit maag. Namun kamu jangan khawatir karena sakit maag juga mudah disebuhkan, berikut beberapa penyebab sakit maag:

1. Masalah Saluran Pencernaan

Di bawah adalah beberapa penyebab masalah pencernaan yang dapat mengakibatkan maag datang, menurut National Institue of Diabetes and Degestive and Kidney Diseases :

  • Gastritis (radang lambung) : Penyakit ini merupakan peradangan yang teradapat pada lapisan dalam lambung dan disebabkan oleh infeksi bakteri, asam lambung, dan lainnya.
  • Irritable Bowel Syndrome (IBS) : IBS merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat kontraksi dalam otot usus besar dan dapat membuat diare maupun sembelit.
  • Penyakit Maag : Penyakit maag juga dapat disebabkan adanya luka pada dinding perut.

2. Infeksi Bakteri

Bakteri Helicobacter Pylori umumnya hidup pada lapisan lendir yang dapat menutupi dan melindungi jaringan dan susu kecil. Walaupun bakteri H. Pylori tidak menyebabkan masalah, namun dapat menyebabkan peradangan pada lapisan dalam lambung. Infeksi H. Pylori belum diketahui bagaimana cara menyebarnya, namun dapat menular dari orang ke orang melalui kontak terdekat seperti ciuman.

3. Pendarahan Ulkus

Pendarahan ulkus merupakan komplikasi serius dari penyakit maag dan dapat mengakibatkan kematian pada lansia yang memiliki masalah medis lainnya. Pendarahaan dari sakit maag biasanya kerap terjadi pada orang yang mengambil pengobatan dengan aspirin atau clopidogrel (Plavix).

4. Stress dan Kecemasan

Selain itu jika kamu sedang mengalami stress dan cemas yang berlebihan akan menyebabkan kamu terkena penyakit maag. Akan tetapi stress dan cemas bukan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya maag, namun kamu juga harus berhati-hati karena stress dan cemas dapat menjadi salah satu faktornya.

Ternyata saat kita stress, produksi hormon prostaglandin akan menurun. Hormon ini tentunya yang berfungsi untuk melindungi lambung yang terlalu asam. Dan menurunnya jumlah prostaglandin akan membuat dinding lambung lebih rentan. 

5. Porsi Makan Terlalu Besar

Perlu kamu ketahui bahwa makan dalan porsi yang besar juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Ternyata saat kamu makan dalam prosi yang cukup besar akan membuat lambung menerima tekanan lebih besar. Hal inilah yang dapat menyebabkan maag.

6. Merokok

Ternyata kebiasaan merokok juga dapat mengendurkan kekuatan otot sfingter kerongkongan bagian bawah. Otot inilah yang akan berfungsi untuk mencegah naiknya isi lambung ke kerongkongan. Jika otot sfigter melemah, maka asam lambung akan naik dan dapat menyebabkan heartburn.

7. Minum Alkohol Berlebihan

Kebiasaan alkohol juga buruk untuk kesehatan kita jika berlebihan mengonsumsinya. Minum alkohol yang berlebihan akan menyebabkan iritasi dan pengikisan lapisan lambung. Kondisi ini yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan berupa gastritis.

8. Makanan dan Minuman Tertentu

Ketika gejala maag muncul, maka kamu juga perlu memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi akhir-akhir ini. Makanan dan minuman tertentu juga dapat memicu kambuhnya maag lho. Ada baiknya jika kamu menghindari makanan dan minuman penyebab maag sebagai berikut :

  • Makanan pedas : Walaupun tidak memicu produksi asam, makanan pedas dapat mengandung bawang putih yang akan memperparah gejala maag.
  • Makanan tinggi lemak : Makanan tinggi lemak juga dapat memeprlambat pengosongan lambung sehingga asam lambung akan naik ke kerongkongan.
  • Buah-buahan asam : Lemon, jeruk, dan lainnya juga dapat memperburuk gejala maag lho.
  • Minuman tertentu : Alkohol, minuman bersoda, berkarbonasi, dan memiliki kafein juga dapat menyebabkan maag.

Itulah beberapa penyebab penyakit maag. Semoga informasi diatas dapat membantu kamu untuk mencari tahu penyebab maag ya. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan lagi mengenai pola makan sehari-hari kamu serta gaya hidup. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading