Sukses

Health

9 Penyebab Kaki Gatal yang Sangat Menganggu

Fimela.com, Jakarta Kaki gatal sering membuat kita merasa terganggu. Terlebih saat kita sedang menggunakan sepatu harus melepasnya terlebih dahulu untuk menggaruknya. Menggaruk kaki yang gatal biasanya akan meredakan rasa gatal tersebut.

Kaki yang gatal ini tentu sangat mengganggu, terutama jika rasa gatal tersebut bersifat kronis atau disertai dengan gejala lain. Banyak kondisi yang berbeda yang dapat menyebabkan kaki gatal.

Meskipun rasa gatal sesekali tidak pelu dikhawatirkan, biasanya rasa gatal yang tak kunjung membaik dari waktu ke waktu mungkin akan memperlukan perawatan. Berikut beberapa penyebab kaki gatal yang sering kamu alami:

1. Neuropati Perifer

Menurut Institur Nasional Gangguan Neurologis dan Stroke, neuropati prefier adalah kerusakan pada sistem saraf perifer yang meluas ke seluruh tubuh. Kerusakan saraf juga dapat menyebabkan sensasi, seperti rasa gatal, mati rasa, dan nyeri serta hal ini dapat merasuk pada bagian kaki.

2. Kulit Kering

Selanjutnya kulit kering terkadang juga dapat menyebabkan gatal. Berikut beberapa faktor risiko terjadinya kulit kering:

  • Usia.
  • Hidup di iklim kering.
  • Paparan air secara teratur, seperti sering mencuci tangan.

Ternyata jika kamu memiliki kulit kering di kaki maka akan merasakan gatal. Mengoleskan krim, losion, atau minyak dapat mengatasi hal tersebut. Namun jika pelembab biasa tidak berfungi, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter.

3. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi kulit yang dapat menyebabkan kulit merah bersisik dan sakit. Hal ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk kaki. Psoriasis juga dapat menyebabkan gatal yang menyakitkan.

Hal ini biasanya akan terjadi ketika sistem kekebalan seseorang mulai menyerang sel-sel kulit yang sehat. Selain itu hal ini juga akan mempercepat produksi sel-sel, serta menghasilkan ruam.

4. Eksim

Selanjutnya eksim juga dikenal sebagai dermatitis atopic, adalah suatu kondisi yang biasanya ditandai dengan kulit yang sangat kering dan gatal. Hal ini biasanya akan muncul di banyak area tubuh, seperti kaki.

Eksim dishidrotik adalah jenis yang sering muncul di bagian samping dan telapak kaki. Hal ini dapat menyebabkan lecet kecil, dalam, sangat gatal. Kamu dapat mengatasinya dengan meredam kaki dengan air dingin atau mengoleskan compress dingin dan lembab ke area tersebut.

5. Athlete Foot

Athlete foot merupakan penyakit kulit jamur yang biasanya dapat berkembang di sela-sela jari kaki, meski bisa menyerang bagian kaki lainnya. Selain itu hal ini juga dapat menyebabkan rasa gatal dan terbakar pada area yang terinfeksi.

Jamur akan berkembang dalam kondisi hangat lembab, dan gelap seperti saat kita menggunakan sepatu olahraga. Selain itu pertumbuhan berlebih dari jamur ini akan menyebabkan penyakit.

6. Reaksi Alergi

Nah penyebab kaki gatal juga dapat dikarenakan oleh reaksi alergi akibat gatal. Hal ini biasanya akan terjadi pada kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau psoriasis, dari kontak dengan zat seperti lateks atau serbuk sari.

7. Infeksi Cacing Tambang

Cacing tambang merupakan salah satu jenis parasite yang hidup di usus manusia. Beberapa orang akan terkena cacing tambang jika mereka berjalan tanpa alas kaki di daerah dimana larva berada. Sebaiknya jika kamu berjalan menggunakan las kaki seperti sepatu atau sandal agar terhindar daric acing tambang. Seseorang akan mengalami rasa gatal jika cacing tambang akan memasuki tubuh mereka.

8. Kudis

Selanjutnya kudis sering terjadi ketika tungau yang sangat kecil masuk ke dalam kulit seseorang dan bertelur, Hal ini tentunya akan menyebabkan ruam yang sangat gatal. Biasanya kondisi ini akan menular dan menyebar melalui kontak kulit ke kulit. Hal ini dapat terjadi di mana saja dalam tubuh, termasuk kaki.

9. Diabetes

Ternyata diabetes juga dapat menyebabkan neuropati diabetic, hal ini biasanya akan meyebabkan kesemutan, gatal , dan mati rasa pada kaki. Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes juga dapat menyebabkan rasa gatal. Selain itu diabetes juga dapat Meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi bakteri dan jamur.

Nah itulah beberapa penyebab kaki gatal yang sering mengganggu. Semoga informasi tentang kaki gatal dapat membantu kamu untuk mengetahui penyebab kaki gatal yang sering dialami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading