Sukses

Health

7 Penyebab Ubanan di Usia Muda yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia biasanya kita akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya yaitu warna rambut,  ketika remaja warna rambut kita akan cenderung hitam maupun cokelat. Namun, setelah memasuki usia 50 tahun kamu akan mendapati rambut berwarna putih.

Dalam tubuh memiliki folikel rambut, yaitu kantung kecil yang melapisi sel-sel kulit. Folikel rambut ini memiliki sek pigmen yang disebut sebagai melanin. Sel-sel ini akan memberi warna rmbut kamu, seiring waktu folikel rambut juga bisa kehilangan pigmen dan menghasilkan rambut putih.

Tapi bagaimana jika kamu mengalami rambut putih atau dikenal sebagai ubanan saat usia muda? Mungkin akan membuat kamu khawatir jika hal tersebut terdapat diseluruh bagian rambut. Berikut beberapa penyebab ubanan di usia muda:

1. Genetika

Jika kamu pernah melihat teman yang memiliki rambut ubanan saat masih muda, kemungkinan hal ini juga terjadi pada orang tua atu kaken nenek mereka saat masih muda. Genetik juga merupakan salah satu faktor dari beberapa hal yang mungkin kamu alami.

2. Stres

Setiap orang tentu akan menghadapi masalah yang membuatnya semakin stress dari waktu ke waktu. Stres juga akan mempengaruhi rambut kamu, tapi jika kamu mengalami peningkatan jumlah helain rambut hal ini juga menjadi penyebab dari stress.

3. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan rambut putih. Hal ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang seknya sendiri. Pada kasus alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

4. Gangguan Tiroid

Perubahan hormonal yang disebabkan oleh masalah tiroid, seperti hipertiroidisme mungkin akan membuat rambut kamu ubanan berwarna putih. Tiroid merupakan kelenjar yang terletak pada pangkal leher dan membantu mengontrol banyak fungsi tubuh seperti metabolisme. Kesehatahn tiroid juga akan menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

5. Kekurangan Vitamin B-12

 Rambut putih pada usia dini juga menandakan kekurangan vitamin B-12. Vitamin ini dapat memainkan peran penting dalam tubuh kamu dan memberi energi, selain itu hal ini juga akan berkontribusi pada pertumbuhan rambut dan warna rambut yang sehat.

6. Merokok

Tenyata ada hubungan diantara merokok dan tumbuhnya ubanan pada usia muda. Bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan jantung. Ternyata efek jangka panjang juga dapat melampaui jantung dan paru-paru serta mempengaruhi rambut. Racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh termasuk folikel rambut, yang menyebabkan rambut putih di awal.

7. Pewarnaan Rambut Kimia dan Produk Rambut

Pewarnaan rambut kimia dan produk rambuh, bahkan shampoo juga dapat menyebabkan rambut berubah menjadi putih. Banyak produk yang mengandung bahan berbahaya yang dapat mengurangi melanin. Hydrogen peroksida yang terdapat pada banyak pewarna rambut, merupakan salah satu bahan berbahaya.

Terkadang banyak cara untuk memperbaiki atau mengembalikan warna rambut seperti semula, tetapi akhirnya tubuh akan memutuskan apa yang ia lakukan. Makan lebih banyak antioksidan salah satu kuncinya. Hal ini bisa termasuk buah-buahan, sayur, teh hijau, minyak zaitun, dan ikan. Tapi terkadang kamu juga dapat menutupi warna uban tersebut dengan mewarnai rambut, alangkah baiknya untuk memilih perawatan yang benar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading