Sukses

Health

5 Penyebab Lidah Berwarna Putih dan Cara Mengatasi dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Saat mengetahui warna lidah putih tentu akan membuat kita bertanya-tanya dan ketakutan, meskipun terkadang kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Lidah berwarna putih terkadang mengacu terhadap penutup atau lapisan putih yang terdapat di lidah.

Lidah berwarna putih tidak perlu kamu khawatirkan, akan tetapi terkadang gejala ini dapat memperingatkan kondisi yang lebih serius seperti infeksi atau kanker dini. Itulah mengapa pentingnya untuk mengawasi gejala yang lainnya.

Ternyata terdapat beberapa alasan berbeda untuk lidah berwarna putih dan masing-masing memiliki perawatan khusus. Lidah putih biasanya sebuah gejala yang tidak berbahaya namun dalam beberapa kasus dapat menjadi masalah yang serius. Beriku beberapa penyebab umum lidah putih yang sering terjadi:

1. Leukoplakia

Leukoplakia merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih sel-sel pada lapisan mulut. Sel-sel ini akan bergabung dengan protein keratin yang ditemukan pada rambut untuk membentuk bercak putih di lidah. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat terjadi dengan kondisi yang mengirirtasi mulut dan lidah saat minum alkohol atau merokok tembakau.

Cara mengatasinya hal ini tidak perlu pengobatan, hanya saja kamu harus mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin untuk memastikan kondisinya tidak semakin parah. Selain itu untuk menghilangkan bercak putih kamu coba untuk berhenti merokok atau mengunyah tembakau, serta mengurangi sejumlah alkohol.

2. Lichen Planus Oral

Lichen planus oral merupakan sebuah kondisi mulut inflamasi kronis (jangka panjang), yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan pada tubuh dan ancaman mikroskopis lainnya.

Untuk masalah satu ini juga tidak perlu kamu obati hanya saja jika kondisi nya semakin parah, kamu harus menemui dokter untuk minta resep semprotan steroid atau obat kumur yang terbuat dari pil steroid yang dilarutkan di dalam air.

3. Sariawan Mulut

Sariawan mulut merupakan infeksi di mulut yang disebabkan oleh ragi Candida (jamur). Meskipun jamur biasanya ditemukan di bagian mulut, hal ini akan menjadi masalah jika tumbuh terlalu banyak.

Untuk pengobatan sariawan mulut dapat menggunakan obat antijamur, obat ini juga akan tersedia dalam beberapa bentuk seperti gel maupun cairan yang dioleskan ke mulut.

4. Sifilis

Sifilis merupakan infeksi bakteri dan infeksi yang menular dari hubungan seksual. Hal ini merupakan sebuah kondisi yang serius dengan banyak gejala termasuk lidah putih.

Jika sifilis dapat menggunakan pengobatan penisilin dosis tunggal, antibiotik ini akan membunuh bakteri penyebab sifilis. Jika penderita sifilis selama lebih setahun, mungkin kamu perlu untuk mengonsumsi lebih dari satu dosis antibiotik.

5. Lidah Geografis

Lidah geografis akan terjadi ketika kulit di lidah kamu tumbuh, pada bagian ini lapisan atas kulit lidah akan luruh terlalu cepat dan meninggalkan area merah lembuh yang sering terinfeksi. Sementara pada bagian lain dari lidah akan berubah warna menjadi putih.

Jika lidah berwarna putih merupakan satu-satunya gejala kamu tidak perlu khawatir, tetapi jika lidah berwarna putih tidak hilang lebih dari 2 minggu ada baiknya jika kamu periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan perawatan kebersihan mulut yang baik, dengan menggunakan sikat berbulu halus atau menyikat gigi dua kali sehari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading