Sukses

Health

7 Penyebab Sakit Perut Melilit yang Menjadi Masalah Serius

Fimela.com, Jakarta Sakit perut atau nyeri perut tentu akan membuat kita tidak nyaman dalam melakukan sesuatu. Sebagian besar kasus sakit perut yang ringan akan memiliki penyebab yang sangat umum, seperti halnya ada gangguan pencernaan atau bagian otot.

Tetapi, gejala sakit perut yang melilit biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan. Namun, jika kamu merasakan sakit yang berlebihan segera hubungi dokter untuk meminta bantuan dan mengetahui apa penyebab sakit perut melilit yang kamu rasakan.

Justru ketika seseorang mengalami sakit perut biasanya mereka akan menyepelekan nya padahal hal itu bisa menjadi salah satu pertanda kurang baik kesehatan tubuh kita. Yuk cari tahu apa saja penyebab sakit perut melilit yang kerap sekali yang membuat kita merasa kurang nyaman:

1. Gastroenteritis (Flu Perut)

Biasanya sakit perut karena gejala satu ini akan menimbulkan hal yang tidak nyaman seperti muntah, mual, tinja yang sangat encer. Gejala satu ini biasanya juga berasal dari bakteri maupun virus yang mengganggu pencernaan, jika kamu merasakan sakit lebih dari dua hari bisa menjadi masalah yang sangat serius.

2. Gas

Gas akan terjadi pada bakteri di usus kecil yang akan memecah makanan. Selain itu peningkatan kes pada perut juga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan sangat sakit, biasanya hal ini juga dapat disebabkan oleh beberapa makanan tertentu.

3. Sindrom Iritasi Usus

Untuk seseorang yang mengalami sindrom iritasi usus biasanya akan sulit untuk mencerna berapa jenis makanan tertentu. Sakit perut satu ini biasanya akan terjadi ketika kamu telah melakukan buang air besar dan merasakan beberapa gejala lainnya seperti mual, muntah, dan sakit pada perut.

4. Muntah

Muntah biasanya disebabkan oleh asam lambung yang bergerak mundur ke bagian pencernaan serta mengiritasi beberapa jaringan. Tindakan fisik dari muntah biasanya akan menyebabkan perut sakit dan rasa tidak nyaman.

5. Faktor Makanan Tertentu

Tidak semua makanan yang kita konsumsi akan menjadi baik untuk tubuh kita. Ketika ada beberapa jenis makanan yang sulit dicerna maka akan dipecahkan oleh bagian usus lambung.

Mual, muntah, dan sakit perut salah satu gejala yang akan kamu rasakan ketika sulit mencerna beberapa makanan. Biasanya seseorang yang memiliki intoleransi dengan makanan akan mengalami hipersensitivitas.

6. GERD

GERD merupakan salah satu kondisi yang akan mempengaruhi refluks asam presiten. Hal ini juga akan mempengaruhi beberapa penyakit seperti mual, muntah, sakit perut, dan beberapa masalah radang kerongkongan.

7. Tukak Lambung

Gejala utama dari tukak lambung adalah sakit perut, bersendawa, perut kembung, mual, dan muntah. Penyebab dari itu kak Lampung yaitu adanya infeksi dari bakteri Helicobacter Pylori (H. Pylori). Tukak lambung juga sebagai salah satu kondisi yang menyebabkan Peradangan pada bagian dalam perut.

Mungkin sakit perut merupakan salah satu gejala yang paling umum dan paling sering kita rasakan, berbeda saat kita merasakan sakit perut yang melilit tentu akan sangat menyakitkan dan membuat kita tidak nyaman untuk melakukan aktivitas apapun. Mulai sekarang ada baiknya kamu memperhatikan apa yang kamu konsumsi dan memperhatikan pola hidup kamu dengan sehat.

Jika kamu membiasakan sakit perut yang melilit maka akan menjadi masalah yang serius dan dapat berujung masalah yang sangat kronis untuk kesehatan kamu, ada baiknya jika kamu mu merasa sakit lebih dari dua atau tiga hari untuk berkonsultasi dengan dokter dan mencari dapatkan perawatan dari sakit perut melilit yang kamu rasakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading