Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Bau Mulut yang Bikin Rasa Percaya Diri Menurun

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela memiliki bau mulut tidak sedap, setelah mengonsumsi makanan tertentu? Tentu saja bau mulut tidak sedap bisa menyebabkan rasa kepercayaan diri menurun, dan membuat lingkungan menjadi tidak nyaman.

Makanan penyebab bau mulut ini, sering kali kita konsumsi tanpa disadari. Makanan tersebut bisa menyebabkan bau mulut, karena memiliki bau yang kuat, menempel pada sela-sela gigi, dan mengandung senyawa belerang atau sulfur.

Bau mulut juga bisa disebabkan karena jarang gosok gigi setelah mengonsumsi makanan penyebab bau mulut. Makanan penyebab bau mulut juga bisa menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap. Berikut makanan penyebab bau mulut yang harus dihindari, dilansir dari Liputan6.com:

Makanan Penyebab Bau Mulut

1. Produk Olahan Susu

Makanan penyebab bau mulut yang pertama yaitu produk olahan susu seperti keju, yogurt, mentega, es krim dan lain sebagainya. Karena produk olahan susu memiliki kandungan protein tinggi, yang menyebabkan higrogen sulfida dan metil markaptan muncul di dalam perut, lalu mengeluarkan bau tidak sedap melalui mulut.

2. Durian

Seperti yang kita tahu, durian adalah buah musiman yang memiliki bau sangat menyengat. Durian memiliki rasa yang enak, tetapi di dalam durian mengandung senyewa belerang. Sehingga durian termasuk ke dalam daftar makanan penyebab bau mulut yang harus dihindari.

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang bisa membuat rasa makanan menjadi lebih sedap. Tetapi kalau terlalu banyak menggunakan bawang putih saat memasak, maka bawang putih bisa menyebabkan bau mulut dan bau badan, yang diakibatkan karena bawang putih juga memiliki kandungan sulfur yang disebut dengan allicin.

4. Sayuran Hijau

Makanan penyebab bau mulut yang selanjunya adalah sayuran hijau. Walaupun sayuran hijau baik untuk kesehatan, tetapi ada beberapa sayuran hijau yang mengandung sulfur, sehingga mengeluarkan gas dengan bau tidak sedap dari dalam perut yang keluar dari mulut, seperti brokoli dan kubis

Makanan Penyebab Bau Mulut yang Selanjutnya

5. Makanan Cepat Saji

Untuk mencegah bau mulut, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh tidak hanya menyebabkan bau mulut, tetapi makanan cepat saji juga bisa menyebabkan kolesterol, diabetes, serangan jantung dan stroke.

6. Rempah-Rempah

Rempah-rempah adalah bahan dapur yang menyehatkan jika dikonsumsi. Tetapi rempah-rempah memiliki kandungan senyawa sulfur, yang bisa menghasilkan gas dengan bau tidak sedap. Sebaiknya segera gosok gigi setelah mengonsumsi rempah-rempah untuk kesehatan atau masakan.

7. Permen Karet

Makanan penyebab bau mulut yang terakhir, yaitu permen karet. Walaupun beberapa permet karet ada yang memiliki klaim bisa menghilangkan bau mulut, tetapi terus menerus mengunyah permen karet bisa membuat banyak gas masuk ke dalam perut, kemudian mengeluarkan gas tersebut keluar dari mulut dan membuat bau mulut tidak sedap.

Penyebab Bau Mulut Selain Makanan

1. Radang Tenggorokan

Bau mulut juga bisa disebabkan oleh faktor lain selain makanan, seperti radang tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan mulut menjadi kering, batuk kering, dan saluran pernapasan terganggu. Radang tenggorokan ini sering kali disebabkan karena infeksi bakteri di dalam tubuh. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

2. Refluks Asam Lambung Kronis

Memiliki penyakit asam lambung juga bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Karena naiknya asam lambung ini, bisa menyebabkan gas asam naik ke kerongkongan dan keluar dari mulut. Saat asam lambung naik maka akan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

3. Radang Gusi

Penyebab bau mulut yang terakhir adalah radang gusi dan pendarahan pada gusi. Biasanya hal ini bisa menyebabkan kondisi bau mulut menjadi tidak sedap. Dalam gusi yang meradang terdapat penumpukan bakteri dan kuman yang berkembang biak, lalu menyebabkan infeksi gusi dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading