Sukses

Lifestyle

Ketahui Penyebab Bau Mulut Usai Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bau mulut usai bangun tidur di pagi hari sering kali dikaitkan dengan kurangnya kebersihan pada mulut dan gigi. Namun ternyata, bau mulut juga dipengaruhi faktor lainnya lho.

Menurut Mazen Natour, D.M.D, seorang prostodontis berbasis di Manhattan, sebagian besar bau mulut disebabkan mulut yang kering.

"Bau mulut biasanya disebabkan oleh kurangnya produksi air liur saat Anda tidur," terang Natour.

Air liur bertindak untuk membersihkan bakteri penyebab bau. Namun saat tidur, kondisi lingkungan mulut yang stagnan dapat memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang. Sehingga semakin kering mulut, maka semakin tinggi pula peluang mendapatkan napas pagi yang berbau tidak sedap.

"Selain itu, bernapas melalui mulut, mendengkur, dan menggunakan obat-obatan tertentu juga dapat membuat mulut kering, sehingga memperburuk kondisi bau mulut." tambahnya.

Pertanda masalah kesehatan

Dalam kebanyakan kasus, napas pagi tidak perlu dikhawatirkan. Namun beberapa situasi bau mulut yang tidak biasa dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya.

"Bau mulut yang tak biasa biasanya ditandai dengan penyakit gusi yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke. Namun di lain waktu, ini dapat mengindikasikan infeksi seperti abses atau masalah gastrointestinal seperti GERD," ujar Natour.

Jika kamu mengalami kondisi bau mulut yang tak biasa, segera konsultasikan ke dokter terkait untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Cara mencegah bau mulut

Bau mulut kerap membuat seseorang mengalami krisis kepercayaan diri. Napas yang tidak sedap tersebut bisa menimbulkan kesan yang buruk pada orang lain, tak terkecuali pada pasangan.

Nah, jika kamu ingin membuat napas lebih segar di pagi hari, Natour menyarankan untuk memastikan kebersihan gigi sebelum tidur.

"Karena sisa partikel makanan menyediakan lebih banyak makanan bagi bakteri untuk berkembang biak di mulut Anda semalaman," jelasnya.

Dia merekomendasikan dua hingga tiga menit untuk menyikat gigi dan membersihkan lidah. "Lebih dari setengah bakteri penyebab bau mulut tumbuh di lidah," terang Natour.

Selain itu, Natour mengatakan obat kumur bebas alkohol juga bisa membantu mengatasi masalah bau mulut. "Satu hal penting selanjutnya adalah pastikan kamu bebas dari masalah gusi, abses, gigi berlubang, dan penyebab bau mulut lainnya!" tegasnya.

Melansir dari Healthline, minum banyak air terutama sebelum tidur di malam hari juga bisa membantu kamu tetap terhidrasi dan mencegah mulut kering sebagai penyebab bau mulut.

Hindari pula mengonsumsi makanan beraroma tajam di malam hari seperti bawang putih, juga menghindari minum kopi setelah sore hari. Pada akhirnya, gaya hidup yang sehat dan seimbang akan membantu kesehatan Anda secara keseluruhan serta mengurangi napas pagi.

Penulis: Hilda Irach

What's On Fimela
Loading