Sukses

Health

9 Penyebab Tidak Haid 1 Bulan yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Haid adalah siklus alami pada tubuh perempuan yang terjadi setiap bulan. Haid mulai dialami seorang perempuan yang memasuki usia remaja atau pubertas, hingga perempuan berusia 51 tahun keatas. Penyebab tidak haid 1 bulan sering dianggap sebagai pertanda kehamilan.

Sebenarnya terlambat haid selama 1 bulan atau 2 bulan pada perempuan remaja sangat wajar. Hal ini disebabkan karena hormon pada remaja perempuan belum teratur. Sehingga hal ini tidak perlu dikhawatirkan dan tidak membahayakan. Kecuali kalau sudah terlambat haid selama lebih dari 3 bulan.

Ada beberapa faktor penyebab tidak haid 1 bulan, selain karena kehamilan. Kondisi ini dapat dikonsultasikan pada dokter, karena terlambat haid bisa dijadikan sebagai indikasi gejala suatu penyakit. Berikut penyebab tidak haid 1 bulan yang harus diwaspadai, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Tidak Haid 1 Bulan

1. Hormon Prolaktin Tidak Normal

Penyebab tidak haid 1 bulan yang pertama adalah karena hormon prolaktin tidak normal. Hormon ini biasanya akan meningkat, saat seorang perempuan sedang menyusui. Kalau hormon ini sedang naik, biasanya akan mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron. Sehingga perempuan yang sedang menyusui biasanya mengalami terlambat haid atau siklus haid tidak normal.

2. Mengonsumsi Pil KB

Jika sudah menikah dan melahirkan, biasanya pasangan suami istri akan melakukan program keluarga berencana dengan mengonsumsi pil KB. Konsumsi pil KB ini memiliki efek samping yang menyebabkan hormon tidak teratur, dan berisiko terhadap siklus haid. Pil KB memiliki kandungan hormon estrogen dan progestin, yang menyebabkan tidak haid 1 bulan.

3. PCOS

PCOS adalah singkatan dari polycystic ovary syndrome. Kondisi ini menyebabkan produksi hormon androgen lebih banyak di dalam tubuh. Penyakit ini dialami oleh seorang perempuan, yang disebabkan oleh resistensi insulin dan sindrom metabolik. Seseorang yang menderita penyakit PCOS ini bisa mengalami tidak haid dalam waktu lebih dari 1 bulan. Jika mengalami gejala PCOS, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Penyebab Tidak Haid 1 Bulan

4. Stres

Penyebab tidak haid 1 bulan juga bisa terjadi karena stres. Saat mengalami stres berlebih, hormon yang terdapat di dalam tubuh akan mengalami perubahan. Begitu juga dengan adanya perubahan hipotalamus, yang merupakan bagian otak yang berfungsi untuk mengatur siklus haid. Bahkan stres bisa menyebabkan sistem imunitas tubuh menjadi lebih dan mudah terserang penyakit.

5. Gangguan Nafsu Makan

Gangguan nafsu makan bisa disebabkan karena seseorang mengalami depresi. Gangguan ini sangat berpengaruh terhadap produksi hormon, sehingga menyebabkan tidak haid atau terlambat haid. Kalau kamu mengalami gangguan nafsu makan, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter agar ditangani dengan baik.

6. Sering Merokok

Terlalu sering merokok bisa menyebabkan seseorang mengalami siklus haid yang tidak teratur, sehinnga dapat mengalami tidak haid 1 bulan. Karena rokok memiliki kandungan zat yang bisa berpengaruh terhadap hormon. Tak hanya yang aktif merokok saja, orang yang pasif merokok juga bisa terkena dampaknya.

Penyebab Tidak Haid 1 Bulan

7. Obesitas

Kelebihan berat badan juga bisa dijadikan sebagai penyebab tidak haid selama 1 bulan. Kondisi ini membuat hormon seorang perempuan terganggu. Agar terhindar dari obesitas, sebaiknya rutinlah melakukan olahraga dan mengatur pola makan dengan benar. Bahkan orang yang kekurangan berat badan juga bisa mengalami terlambat datang bulan.

8. Terlalu Kurus

Tak hanya orang yang mengalami obesitas saja, yang bisa mengalami tidak haid selama 1 bulan. Bahkan orang yang terlalu kurus juga bisa mengalami siklus haid yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami gizi buruk. Sehingga tubuh tidak akan mendapatkan asupan kalori yang cukup dan produksi hormon untuk ovulasi akan terganggu. Kondisi ini juga sering dialami seseorang yang melakukan diet ketat.

9. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid adalah penyakit yang berpengaruh terhadap perubahan hormon. Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mengatur hormon di tubuh, tetapi jika tiroid terganggu akan menyebabkan tubuh menjadi lelah, berat badan turun secara drastis, perasaan sensitif, dan lain sebagainya. Kondisi kesehatan ini sangat berpengaruh terhadap siklus haid pada perempuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading