Sukses

Health

8 Penyebab Haid Tidak Teratur Tanggalnya

Fimela.com, Jakarta Biasanya periode haid berlangsung empat hingga tujuh hari, seperti masalah menstruasi yang termasuk periode kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Siklus haid dapat dihitung dari hari pertama periode terakhir hingga awal periode berikutnya.

Haid yang dianggap tidak teratur jika lebih dari 38 hari atau yang durasinya bervariasi. Haid yang tidak teratut juga memiliki beberapa penyebab, dari tidak kesimbangan hormon dan masalah lainnya. Berikut beberapa penyebab yang mebuat haid kamu tidak teratur sesuai dengan tanggalnya :

 

1. Hamil

Kehamilan salah satu penyebab haid tidak teratur sesuai tanggalnya, seperti beberapa gejala kehamilan mual, kepekaan terhadap bau, payudara kesemutan, atau nyeri kelelahan. Jika kamu merasa terlambat haid atau mengalami gejala seperti kehamila, kamu dapat melakukan tes kehamilan untuk mengetahuinya.

2. Kontrol kehamilan Hormonal

Pil KB dan alat kontrasepsi yang mengandung hormon (IUD) dapat menyebabkan pendarahan yang tidak teratur. Pil KB mengandung kombinasi hormon esterogen dan progestin, Pil yang mencegah kehamilan dengan menjaga ovarium dari melepaskan telur dapat mempengaruhi haid.  Beberapa perempuan yang mengalami haid tidak teratur setelah mengonsumsi pil KB. Hal ini pentingnya pertimbangan ketika kamu akan merencanakan konsepsi dan hamil

3. Menyusui

Prolaktin salah satu hormone yang memproduksi ASI. Prolaktin juga menekan hormon reproduksi sehingga dapat menghasilkan haid yang sedikit atau sedang saat menyusui. Haid akan kembali teratur ketika kamu sudah berenti menyusui,.

4.Perimenopouse

Perimenopouse salah satu masa transisi sebelum kamu memasuki masa menopause, biasanya akan dimulai pada usia 40an, tetapi dapat terjadi di usia yang lebih awal. Kamu juga mungkin akan mengalami gejala yang berlangsung dari 4-8 tahu, dimulai dengan perubahan siklus menstruasi. Fluktuasi ini dapat menyebabkan siklus haid kamu lebih lama atau pendek.

5. Stres dan Faktor Gaya Hidup

Seperti kenaikan berat badan atau penurunan berat badan, perubahan rutinitas, olahraga, perjalanan jauh, penyakit atau gangguan lain yang dapat mengganggu rutinitas harian kamu, dapat berdampak pada telat haid. Stres dapat menggangu siklus haid karena pada bagian otak yang mengontrol hormon dapat mengatur siklus haid kamu. Haid akan kembali normal jika kamu tidak mengalami stres.

6. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu faktor tidak teraturnya menstruasi, selain itu kelebihan berat badan juga dapat berdampak pad kadar hormone insulin yang dapat mengganggu siklus haid kamu.

Kenaikan Berat Badan juga dapat menyebabkan ketidakteraturan haid, sedangkan kenaikan berat badan dan haid yang tidak teratur adalah tanda-tanda umum PCOS dan hipotiroidisme, serta jika kamu mengalami hal tersebut alangkah baiknya langsung merujuk ke dokter.

7. Penurunan Berat Badan

Menurunya berat badan yang berlebihan atau secara tiba-tiba dapat haid kamu tidak berenti. Selain itu jika kamu tidak mengonsumsi cukup kalori dapat mengganggu produksi hormone ang dibutuhkan untuk ovulasi. Jika kamu mengalami masalah kekurangan berat badan secara tiba-tiba bisa jadi kamu memiliki gangguan terhadap makan.

8. Olahraga Berlebihan

Olahraga yang intensi atau berlebihan juga dapat membuat haid kamu tidak teratur, hal ini dikarenakan dapat mengganggu hormon. Beberapa atlet wanita yang mengikuti pelatihan intensif dan aktivitas fisik, dapat mengalami amenore atau masa haid yang terlewat atau terhenti. Kamu dapat mengurangi latihan tersebut dengan meningkatkan jumlah kalori yang dapat membantu memulihkan tanggal haid kamu.

Nah, itulah beberapa penyebab yang membuat haid kamu tidak sesuai dengan jadwal, namun jika mengalami masalah lain dapat langsung merujuk dan menanyakan dengan dokter. Akan tetapi dengan kamu menjaga pola makan dan hidup yang sehat, dapat membuat haidmu teratur.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca yang Sering Kamu Alami
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Batuk Berdahak dan Gejala yang Perlu Kamu Waspadai