Sukses

Health

5 Cara Mengatasi Nyeri dan Rasa Gampang Capek Jelang Haid

Fimela.com, Jakarta Saat menjelang haid, biasanya tubuh akan terasa gampang capek. Bahkan muncul rasa nyeri di beberapa bagian, seperti di punggung bagian bawah dan kram perut. Ketika berada di fase ini, rasanya jelas tidak nyaman sekali dan membuat aktivitas kita pun terganggu.

Pada umumnya tubuh yang gampang capek jelang haid adalah hal yang masih wajar. Melansir healthline.com, rasa lelah jelang haid berhubungan dengan kurangnya serotonin, senyawa dalam otak yang memengaruhi suasana hati kita. Jelang haid setiap bulannya, kadar serotonin kita bisa naik turun secara signifikan. Hal ini kemudian dapat memengaruhi kadar energi tubuh. Suasana hati pun bisa ikut terpengaruh. Ada beberapa cara yang bisa kita coba agar bisa mengondisikan tubuh agar tidak gampang capek dan meredakan nyeri jelang haid.

1. Hindari Konsumsi Garam dan Gula Rafinasi Berlebih

Banyak makanan olahan dan kalengan yang memiliki kandungan sodium tambahan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan cepat saji atau junk food untuk redakan gejala premenstrual syndrome (PMS). Konsumsi garam berlebih dikhawatirkan akan menyebabkan perut kembung dan retensi cairan yang bisa membuatmu makin tak nyaman. Selain itu, konsumsi gula dan gula rafinasi berlebih juga tidak baik. Coba ganti dengan konsumsi lebih banyak buah-buahan segar.

2. Gunakan Kompres Hangat

Nyeri perut atau nyeri perut bagian bawah jelang haid memang sangat mengganggu. Bila mengalami hal tersebut dan sulit tidur, coba kompres dengan botol yang diisi air hangat. Bisa juga siapkan heat wrap untuk bantu meredakan rasa nyerinya. Saat beristirahat atau tidur, coba tidur meringkuk seperti posisi janin. Dengan posisi ini, tekanan pada otot-otot perut akan berkurang sehingga bantu meredakan nyeri. 

3. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Melansir sheknows.com, menurut dr. Anna Cabeca, hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat saat sedang haid, sehingga cairan dan sodium dalam tubuh meningkat sebanyak sekitar 5-10 pon. Penting untuk lebih disiplin lagi memenuhi kebutuhan cairan tubuh jelang haid. Ginjal kita butuh cukup air untuk membuang kotoran dan memaksimalkan fungsi organ tubuh kita. Bila tubuh kekurangan cairan, ginjal akan menahan cairan dan menyebabkan kembung. Hindari minuman beralkohol. Batasi minuman berpemanis dan berkafein. Air putih bisa cukup efektif bantu atasi perut kembung bila diminum dalam kadar yang cukup.

4. Penuhi Kebutuhan Kalsium Tubuh

Diyakini bahwa kalsium memiliki fungsi untuk bantu redakan Depresi dan kecemasan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti sayuran brokoli dan yogurt untuk mendapat asupan kalsium yang cukup untuk tubuh. Kalau merasa tidak nafsu makan, cobalah makan dalam porsi kecil tapi dilakukan secara berkala. Jangan sampai tidak makan karena tidak makan hanya akan membuat suasana hatimu tidak nyaman dan gula darah menurun.

5. Lakukan Gerakan Yoga Ringan

Penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu redakan nyeri yang berhubungan dengan kram karena haid. Lakukan beberapa gerakan yoga sederhana atau peregangan sebelum tidur. Dengan begitu, otot-otot tubuh akan lebih rileks. 

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. Kalau nyeri yang dirasakan berkepenjangan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Memperlancar Haid
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Menstruasi Datang Lebih Awal dari Biasanya