Sukses

Beauty

Tidur Nyaman Anti ''Bocor'' Saat Sedang Haid, Tipsnya Simpel Kok!

Saat sedang haid, melakukan aktivitas apapun rasanya tak nyaman. Termasuk urusan tidur. Tidur jadi lebih ribet ditambah was-was takut "bocor".

Tapi ada tips-tips sederhana yang bisa dicoba untuk bisa tetap tidur nyenyak saat sedang haid. Mulai dari soal mengatur tempat tidur dan menjaga pola makan. Selengkapnya, yuk ikuti tips-tipsnya di sini, Ladies.

Posisi tidur yang disarankan saat sedang haid. | Foto: copyright newhealthadvisor.com

    Jaga Suhu Ruangan Kamar Tidur

    Untuk tidur yang nyaman, suhu ruangan juga perlu diperhatikan. Dilansir dari newhealthadvisor.com, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, atur suhu ruangan menjadi sekitar 21 derajat celcius. Saat sedang haid, suhu tubuh kita akan sedikit meningkat karena terjadinya perubahan hormon dalam tubuh.

    Gerakkan Tubuh

    Mood yang naik turun, depresi, dan gelisah adalah hal-hal yang umum dirasakan seorang wanita saat haid. Cara untuk mengatasinya adalah dengan tetap menggerakkan tubuh secara aktif. Bisa dengan melakukan olahraga ringan, yoga, atau meditasi saat siang hari. Dengan begitu, malam harinya bisa tidur lebih nyenyak.

    Hindari Makanan Berminyak dan Pedas

    Saat sedang haid, perut bisa terasa kembung atau mual. Kondisi ini bisa sangat mengganggu saat tidur. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menghindari makanan berminyak dan pedas. Agar waktu tidur bisa nyenyak dan tak gampang terbangun. Selain itu, hindari juga minum minuman yang berkafein.

    Tidur dengan Posisi Agak Meringkuk

    Kram perut dan nyeri yang dirasa saat haid bisa merusak kualitas tidur kita. Untuk mengatasinya, coba tidur dengan posisi agak meringkuk (seperti janin dalam kandungan). Tidurlah dengan posisi miring, tekuk kaki mendekat ke dada, maka otot-otot perut akan lebih rileks sehingga bisa sedikit meredakan nyeri kram perut yang dirasa. Selain itu, tidur dengan posisi ini bisa mencegah terjadinya "bocor".

    Cegah Terjadinya 'Kebocoran'

    Salah satu hal yang paling bete dan menyebalkan ketika tidur saat sedang haid adalah ketika "bocor". Pastinya nggak enak banget saat darah haid bocor dan mengotori sprei. Untuk mencegah terjadinya "kebocoran", usahakan pakai pembalut yang khusus untuk malam hari, biasanya yang lebih lebar dan memiliki "sayap". Bisa juga dengan memberi alas tambahan di atas sprei, sehingga kalau bocor, nodanya tak merembes ke sprei.

Cukup dengan mengikuti tips-tips sederhana, kita masih bisa tetap tidur nyenyak saat sedang haid. Semoga tips-tipsnya bermanfaat, Ladies.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading