Sukses

Health

Mengenal Olahraga Circuit Training dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kecanggihan teknologi membuat orang semakin terlena untuk bermalas-malasan. Karena semua hal yang dilakukan serba instan, mereka akan lebih memilih untuk tiduran daripada melakukan kegiatan fisik yang jauh lebih bermanfaat. Misalnya dengan berolahraga. Bagi sebagian orang berolahraga adalah hal yang menyenangkan, namun tidak jarang saat ini adapula sebagian orang yang menganggap berolahraga merupakan suatu hal yang membosankan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard T.N CHAN School of Public Health menemukan bahwa setidaknya orang dewasa melakukan olahraga ketika masa muda dan hanya 25% orang dewasa yang terus melakukan olahraga bahkan ketika mereka dewasa. Artinya, semakin bertambah usia akan membuat diri semakin malas berolahraga. 

Temuan dari Harvard juga menyebutkan bahwa orang dewasa yang terus berolahraga ini ternyata memberikan manfaat untuk tubuh, 58% orang mengaku dapat mengurangi stres, 54% orang lainnya mengaku menjaga kestabilan kesehatan mental, dan 51% lainnya mengaku meningkatkan kesehatan fisiknya. 

Lantas bagaimana dengan orang yang memiliki waktu sedikit? Jangan khawatir sebab ada alternatif lain untuk tetap sehat dengan circuit training. Circuit training ini memiliki waktu yang cepat dan dapat dilakukan dengan cara yang berbeda dari keempat jenisnya. Tidak hanya itu, melakukan circuit training juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh khususnya pada otot dan jantung.

Apa itu Circuit Training serta apa saja manfaat yang diberikan? Informasi dari Verywellhealth ini bisa kamu baca. 

Mengenal Circuit Training dan Keempat Jenisnya

Apa itu Circuit Training

Circuit training merupakan tipe workout yang dilakukan dengan rotasi 10 jenis gerakan berbeda dengan melibatkan keseluruhan otot tubuh. Circuit training ini juga dikenal sebagai workout routine terstruktur daripada tipe olahraga spesifik. Circuit training ini sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan otot terutama orang-orang yang berusia paruh baya hingga lanjut usia. 

Kamu akan menyelesaikan seluruh rangkaian peregangan dengan beberapa gerakan ulang atau repetisi, baru setelah itu kamu dapat melanjutkan gerakan lainnya. Karena training ini melibatkan pergerakan yang sangat cepat, keseluruhan circuit training akan selesai pada waktu 30 hingga 45 menit. 

 

Tipe-tipe Circuit Training 

Biasanya Circuit Training dilakukan melalui 4 tipe circuit training, tipe-tipe tersebut antara lain: 

  • Repetition Circuit: Setiap gerakannya dilakukan sebanyak 10-15 pengulangan sebelum melanjutkan ke gerakan selanjutnya. 
  • Timed Circuit:  Gerakan ini dilakukan dalam jumlah waktu mulai dari 30 detik hingga 1.5 menit sebelum melanjutkan ke gerakan selanjutnya.
  • Competition Circuit: Competition circuit memiliki kemiripan dengan Timed Circuit, namun gerakan yang dilakukan serta waktu yang dibutuhkan lebih banyak. 
  • Sport-specific Circuit: Suatu gerakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pergerakan khususnya pada olahraga tertentu seperti melompat, menendang, dan kemampuan lain dalam gimnastik. 

 

Manfaat Circuit Training

Circuit training sangat fleksibel dan menjadi rekomendasi untuk berolahraga. Kamu dapat melakukannya dengan menyesuaikan cara yang kamu inginkan mulai dari tipe, intensitas, serta durasinya. Tidak hanya itu, agar dapat memaksimalkan gerakannya, circuit training memberikan manfaat untuk tubuh antara lain: 

1) Meningkatkan kekuatan otot atas dan bawah 

Circuit Training dapat meningkatkan kekuatan karena melibatkan otot bagian atas dan tubuh. Otot yang sering terasah dapat memudahkan kita untuk beraktivitas dan tidak mudah merasa kelelahan. 

2) Memudahkan individu untuk mengurangi berat badan 

Circuit training juga melibatkan kardiovaskular seperti berlari, peregangan otot, hingga gerakan eliptical yang dapat meningkatkan komposisi badan melalui peningkatan kinerja otot sehingga lemak dalam tubuh akan hilang dan mudah dikelola. 

3) Efisiensi waktu 

Seperti yang sudah disebutkan jika circuit training dilakukan dengan istirahat sejenak maupun tanpa istirahat sebelum melanjutkan proses ke gerakan selanjutnya. Selain itu, ritme circuit training yang cepat juga dapat menghemat waktu. Kelebihan inilah yang juga membuat circuit training menjadi pergerakan yang cocok untuk orang yang punya waktu sedikit untuk berolahraga. 

 

4) Meningkatkan kesehatan jantung 

Selain karena efisiensi waktu dan ritme yang cepat, melakukan olahraga dengan pengulangan ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengetahui seberapa kuat tubuh bertahan pada saat jantung memompa. Ketika jantung memompa inilah, oksigen akan tersuplai dari darah ke ototmu. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading