Sukses

Health

6 Kegiatan Sehari-Hari Ini Ternyata Bisa Membakar Banyak Kalori!

Fimela.com, Jakarta Kalori merupakan sekumpulan energi atau energi yang tersimpan dalam tubuh. Biasanya kalori dikenal dengan makanan (kalori yang didapatkan melalui makanan), olahraga atau aktivitas sehari-hari yang melibatkan fisik atau kalori yang kita bakar (kilocalories atau kcal). 

Melansir dari Verywellhealth, 1 kilokalori setara dengan jumlah panas yang meningkatkan suhu 1 kilogram air sebanyak 1 derajat celcius pada permukaan laut. Satu kilokalori juga setara dengan 4186.8 joule dan 1000 kalori kecil berdasarkan penelitian sains untuk energi panas. 

Kalori yang kamu bakar sehari-hari juga termasuk kalori metabolisme untuk menjaga fungsi tubuh serta aktivitas yang dapat membakar kalori juga memberikan kesehatan untuk tubuh serta manfaat yang baik seperti menjaga suhu tubuh, pernafasan, peredaran darah, pencernaan makanan, pembuangan kotoran, membangun dan memperbaiki sel, serta meningkatkan aktivitas otak dan badan. 

Tapi ternyata kamu tidak perlu repot untuk membakar kalori dengan cara yang berlebihan. Jika waktu kamu sempit atau sulit untuk datang ke gym, kamu bisa membakar kalori dengan kegiatan sehari-hari yang mungkin kamu tidak sadari jika kamu sudah berhasil membakar kalori dengan melakukan kegiatan tersebut. Berikut 6 kegiatan sehari-hari yang mungkin kamu tidak sangka dan sadari telah membantumu untuk membakar kalori. Informasi ini disadur dari healthywomen, selamat membaca. 

1) Berjalan santai dengan anak maupun hewan peliharaan kesayangan 

Sulit dipercaya namun ternyata salah satu cara untuk membakar kalori dengan jumlah yang sangat besar tanpa harus membebani bagian kaki itu ada. Salah satunya adalah jalan santai bersama anakmu atau dengan hewan peliharaan kesayangan. Kamu juga bisa sambil berbelanja atau melihat-lihat cafe maupun restoran sepanjang berjalan, dengan ini kamu juga tidak akan mudah lelah dan tetap bisa membakar kalori. 

2) Bersih-bersih rumah

Membersihkan rumah terutama baik bagian dalam maupun luar mungkin menjadi aktivitas yang membosankan karena harus bergerilya dengan debu dan kotoran. Namun kamu bisa membuat aktivitas ini menjadi aktivitas yang menyenangkan dengan bersih-bersih sambil mendengarkan lagu. Sambil mengelap, menyikat cobalah lakukan ini. Membersihkan rumah melibatkan otot-otot dan juga mengeluarkan keringat yang dapat memperkuat tubuh. 

3) Main bersama anak-anak

Daripada bosan menunggu anak bermain, cobalah untuk bermain bersama anak di luar. Bergabung dengan mereka dan bermain bersama dapat membakar lebih dari ratusan kalori per jamnya. Tidak hanya itu kamu juga mendapatkan momen berharga bersama anak. 

4) Mencuci dan membersihkan mobil

 

Manfaatkan cuaca luar yang cerah untuk membersihkan mobil! Caranya juga mudah cukup siapkan sabun, air, spons, serta cairan khusus mobil lainnya untuk membersihkan mobil. Membersihkan mobil juga mirip seperti workout yakni membakar kalori juga. Mobil kinclong, kamu juga tambah sehat. 

 

5) Memasak makan malam

Percaya atau tidak kamu dapat membakar lebih dari ratusan kalori jika kamu menghabiskan waktu berjalan ke sana ke mari di dapur sembari memotong dan mencuci bahan makanan. Apalagi jika ditemani lagu kesayangan, memasak makan malam menjadi aktivitas yang menyenangkan. 

 

6) Membersihkan perkarangan sekitar rumah 

Jika kamu menyadari perkarangan skeitar rumah banyak dengan sampah dan debu, kamu bisa mengajak anak, pasangan, atau bahkan tetangga sebelah untuk memungut dan membersihkan sampah. Hanya bermodalkan sarung tangan, tas dan kantung sampah, serta berjalan ke sana ke mari untuk memungut sampah, kamu juga bisa membakar kalori serta membuat lingkungan semakin asri. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading