Sukses

Health

5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Diet!

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dimulai dari memperhatikan asupan makanan, istirahat yang cukup, hingga melakukan aktivitas fisik secara rutin. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk mewujudkan berat badan yang diinginkan. Tak hanya mengonsumsi makanan yang sehat, ramuan tradisional bisa menjadi cara alternatif dalam menurunkan berat badan. 

Melansir dari berbagai sumber, kamu bisa menggunakan bahan-bahan herbal ini untuk dijadikan sebagai minuman atau olahan lainnya yang menyehatkan. Bukan hanya sehat, melainkan bisa mengontrol berat badan supaya semakin bertambah. Yuk, langsung simak di bawah ini!

1. Jahe

Sebagai salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. jahe juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Jahe dapat membantu untuk mencegah naiknya kadar glukosa, terutama setelah mengonsumsi makanan yang kaya akan gula atau karohidrat. Secara alami, jahe dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasi jahe dan lemon dapat menjadi ramuan ampuh untuk menurunkan berat badan. Melansir dari India Times, kandungan di dalam jahe dapat mengurangi rasa lapar. Sementara itu, lemon dapat bermanfaat sebagai sumber vitamin C dan antioksidan untuk daya tahan tubuh. Jika ingin rasa yang lebih manis, kamu juga bisa menambahkan madu sesuai selera. 

2. Ginseng

Ginseng telah terkenal sebagai tanaman herbal untuk pengobatan tradisional Tiongkok karena sederet khasiat yang dimilikinya. Termasuk dalam menurunkan berat badan. Dikutip dari situs Healthline, ginseng dapat mengubah pembentukan lemak dan memperlambat penyerapan lemak pada usus. Oleh karena itu, ginseng dapat turut andil sebagai bahan minuman untuk penurun berat badan.

3. Kunyit

Kurkumin adalah komponen di dalam kunyit yang mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Konsumsi kunyit dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, seperti menurunkan berat badan. Rempah-rempah ini dapat membantu untuk mengurangi lemak di dalam tubuh dengan cara menghalangi sintesis lemak. Selain itu, konsumsi minuman berbahan dasar kunyit juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga dapat menjaga tubuh agar tetap sehat. 

4. Kayu Manis

Kayu manis mempunyai kandungan yang sarat akan antioksidan sehingga sangat berguna untuk kesehatan. Kayu manis dapat mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil dan membantu untuk mengurangi keinginan makan secara berlebihan. Senyawa yang ada di dalam kayu manis juga dapat memperlambat proses pemecahan karbohidrat dengan cara mengurangi kadar enzim pencernaan. Proses tersebut dapat berperan untuk mempercepat penurunan berat badan.  

5. Jinten

Selain dijadikan sebagai bumbu, jinten juga dapat berpotensi dalam membakar lemak sehingga dapat mendukung penurunan berat badan. Diketahui dari situs Medicine Net, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan jinten dapat membantu pembakaran lemak tubuh yang lebih banyak. Maka, kamu juga dapat mencoba untuk menambahkan jinten sebagai bumbu rempah, apalagi jika sedang menjalani program diet dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

Demikian bahan alami yang bisa digunakan saat sedang diet. Bahan ini dapat diolah sesuai keinginan dan dikreasikan dengan bahan-bahan pelengkap lainnya agar memberikan rasa yang lebih nikmat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading