Sukses

Health

4 Manfaat Konsumsi Lemon untuk Diet dan Cara Mengolahnya

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini? Rasanya yang unik dan asam membuat lemon sering dijadikan bahan dasar untuk minuman menyegarkan. Lemon memiliki banyak khasiat karena kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya. Bahkan, lemon dikatakan dapat membantu menurunkan berat badan sehingga dapat diminum saat sedang diet. 

Dikutip dari Healthline, perasan lemon yang dicampur dengan air mengandung kalori yang rendah. Itulah sebabnya, mengonsumsi air lemon dapat mendukung penurunan berat badan. Selain itu, air lemon juga memiliki manfaat lainnya ketika sedang diet, berikut diantaranya:

Manfaat Lemon untuk Diet

1. Mempertahankan Rasa Kenyang 

Minum campuran air dan lemon dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Efek ini tentunya bisa berperan dalam mengendalikan berat badan. Apalagi, kamu dapat mengonsumsi lebih sedikit kalori. 

2. Menjaga Tubuh agar Tetap Terhidrasi

Zat yang terkandung di dalam air dan lemon bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal ini dapat menunjang menurunnya berat badan. Peningkatan hidrasi bisa mendorong proses pemecahan lemak sehingga membuat lemak dapat menghilang. 

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Perasan lemon dan airmeningkatkan metabolisme tubuh dengan menginduksi thermogenesis, yaitu proses metabolisme ketika kalori dibakar untuk menghasilkan panas. Air lemon dapat mempercepat laju metobilsme sheingga mengurangi berat badan. 

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Lemon dapat menjadi bahan yang bermanfaat untuk membantu pencernaan. Meminum air lemon sebelum atau selama makan bisa membuat tubuh lebih mudah mencerna makan. 

 

 

Cara Mengolah Lemon untuk Minuman Diet

Sebagai minuman diet yang menyehatkan, inilah pilihan cara untuk mengolah lemon dilansir dari berbagai sumber:

1. Menambahkan Madu

Sebagai pemanis alami, madu mengandung nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Campurkan air lemon dengan madu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kombinasi bahan ini dapat melancarkan pencernaan dan memberikan energi yang tahan lama. 

2. Menambahkan Jahe

Campuran antara jahe dan lemon dapat menawarkan manfaat untuk manajemen berat badan. Selain itu, jahe dapat mengurangi peradangan. Kandungan lemon yang kaya akan vitamin C pun cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh ketika sedang diet. 

3. Menambahkan Kunyit

Kunyit dapat mengendalikan kadar gula darah sehingga dapat berkontribusi untuk menyeimbangkan berat badan. Kandungan yang ada di dalam kunyit pun dapat meningkatkan metabolisme. Oleh karena itu, jika ingin mencoba air lemon dengan olahan herbal yang menyehatkan, kunyit bisa menjadi pilihan. 

4. Menambahkan Daun Mint

Memberikan sensasi kesegaran dalam minuman, daun mint juga dapat bermanfaat untuk turunkan berat badan. Daun mint dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh. 

 

Dengan cara-cara di atas, kamu bisa menikmati minuman lemon dengan tambahan bahan-bahan lainnya agar lebih nikmat. Jadikan air lemon sebagai menu minuman untuk rangkaian diet sehatmu. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading