Sukses

Health

5 Rekomendasi Asupan Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat tentunya kita harus rutin menjaga dan merawatnya. Selain dengan menggunakan perawatan wajah dari luar, kita juga harus merawat wajah dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi secara teratur. Makananan yang kita konsumsi harus mengandung gizi yang sehat supaya mencukupi kebutuhan nutrisi untuk kulit.

Mengonsumsi makanan yang sehat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi secara rutin, Sahabat Fimela bisa mendapatkan kulit wajah yang tidak hanya sehat, tetapi juga cerah, kenyal, lembut, dan bebas noda gelap.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan mucul bintik-bintik hitam tanda pebuaan. Ini memang tidak bisa kita hindari. Akan tetapi, hal tersebut juga bisa muncul lebih cepat karena beberapa faktor, seperti paparan langsung sinar matahari atau sinar UV dan diet yang tidak sehat.

Jika Sahabat Fimela tidak ingin merasakan tanda-tanda penuaan dini, rawatlah kulit sebaik mungkin. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan kulit juga harus dilakukan dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.Nah berikut adalah rekomendasi asupan makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit wajah yang dilansir dari Healthline.

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti ikan salmon, ikan makarel, dan ikan herring, adalah asupan makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Ikan tersebut kaya akan asam lemak omega-3, yang mana penting untuk menjaga ksehatan kulit. Asam lemak omega-3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembab. Kekurangan asam omega-3 akan menyebabkan kulit menjadi kering.

Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, salah satu antioksidan terpenting untuk kulit. Mendapatkan asupan viatin E yang cukup sangat penting untuk membantu melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

Selain itu, ikan berlemak juga mengandung protein berkualitas tinggi dan zinc. Zinc merupakan mineral penting untuk mengatur kesehatan kulit dan memproduksi sel kulit baru. Kekurangan seng dapat menyebabkan peradangan kulit, luka, dan penyembuhan luka yang terlambat.

2. Tomat

Tomat adalah sumber vitaminc C yang baik dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk likopen. Karotenoid juga sangat baik untuk menjaga kulit tetap sehat. Pertimbangkan untuk mengombinasikan makanan kaya karotenoid seperti tomat dengan sumber lemak, seperti keju atau minyak zaitun. Lemak meningkatkan penyerapan karotenoid

Kandungan beta karoten, lutein, dan likopen pada tomat telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, nutrisi tersebut juga dapat membantu mencegah keriput.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak ini memberikan banyak manfaat bagi berbagai fungsi tubuh, termasuk kesehatan kulit. Mendapatkan cukup lemak ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap kenyal dan lembap.

Sebuah studi menemukan bahwa asupan tinggi lemak total, khususnya jenis lemak sehat yang terdapat dalam alpukat, berkaitan dengan kulit yang lebih lentur dan kenyal. Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan UV pada kulit dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C. Menariknya, vitamin E tampaknya lebih efektif ketika dikombinasikan dengan vitamin C. Vitamin C juga penting untuk kulit yang sehat. Kulit membutuhkannya untuk membuat kolagen, protein struktural utama yang menjaga kulit tetap kuat dan sehat.

4. Brokoli

Brokoli penuh dengan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C. Brokoli juga mengandung lutein, sejenis karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforafan, yang memiliki manfaat baik bagi kulit. Sulforafan memiliki efek anti-kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit. Sulforafan juga merupakan agen perlindungan yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa bukti menunjukkan bahwa sulforafan juga dapat membantu menjaga kadar kolagen dalam kulit.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta karoten yang sangat baik untuk asupan nutrisi kulit. Beta karoten berfungsui sebagai provitamin A, yang berarti dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Satu porsi (100 gram) ubi jalar panggang mengandung cukup beta karoten untuk memberikan lebih dari enam kali nilai harian (DV) vitamin A.

Karotenoid seperti beta karoten membantu menjaga kesehatan kulit Anda dengan bertindak sebagai pelindung matahari alami. Ketika dikonsumsi, antioksidan ini diintegrasikan ke dalam kulit dan membantu melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari. Ini dapat membantu mencegah terbakar matahari, kematian sel, dan kulit kering serta keriput.

 

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading