Sukses

Health

5 Rutinitas Sepele Sehari-hari yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal merupakan impian semua orang. Tubuh yang ramping dengan berat badan ideal, tak hanya bisa bikin penampilan makin mengesankan. Ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan menjamin kesehatan seseorang. Namun sayang, meski berat badan ideal adalah impian banyak orang, masih banyak orang yang memiliki berat badan berlebih. Mereka pun cukup kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan seringkali terasa sebagai tantangan besar bagi beberapa orang. Tetapi nih ya, melalui rutinitas harian yang sederhana bahkan dibilang sepele, ternyata ini bisa memberikan kontribusi besar dalam perjalanan menuju tubuh yang lebih sehat dan ringan. Inilah beberapa rutinitas sepele sehari-hari yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Pastikan untuk tak pernah mengabaikan rutinitas ini Sahabat Fimela.

Minum Air Putih Cukup

Sudahkah kamu minum air putih cukup setiap harinya? Studi menemukan jika air putih membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Menjaga tubuh terhidrasi akan membantu dalam proses pencernaan. Ini juga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Mengutip dari laman healthline.com, minum air cukup adalah cara terbaik meski sangat sederhana yang ampuh turunkan berat badan. 

Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan jika ingin punya berat badan ideal atau menurunkan berat badan. Sarapan dengan makanan yang kaya serat dan protein, membantu mengontrol nafsu makan sepanjang hari. Saat sarapan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum. Ini bisa membantu meningkatkan energi tanpa membuat berat badan naik.

Miliki Gerak Aktif Setiap Hari

Menambahkan aktivitas fisik atau memiliki gerak aktif dalam rutinitas harian sangatlah penting dalam menurunkan berat badan. Mulailah dengan aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda dan tingkatkan intensitasnya seiring waktu. Beberes rumah atau melakukan pekerjaan rumah tangga, juga bisa bantu kamu memiliki gerak aktif cukup setiap harinya.

Makan Perlahan

Mengontrol porsi makanan dan mengunyah makanan secara perlahan adalah cara selanjutnya untuk membantu mengendalikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Rutinitas ini juga bisa membantumu menurunkan berat badan secara perlahan tapi pasti. Makan perlahan bisa memberikan waktu bagi otak untuk menerima sinyal kenyang lebih lama.

Tidur Cukup

Kurang tidur bisa mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan. Ini juga bisa menyebabkan keinginan untuk makan berlebihan setiap harinya. Agar nafsu makan terkontrol dan berat badan justru turun setiap harinya, cobalah untuk memiliki tidur cukup. Tidur cukup juga membantu membuat pikiran lebih rileks serta bahagia. Ini memungkinkanmu merasa kenyang lebih lama setiap harinya. 

Menjalani rutinitas harian yang sehat merupakan kunci utama dalam menurunkan berat badan dengan baik. Namun, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai perubahan besar dalam gaya hidup sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading