Sukses

Health

Penyebab Perut Kencang yang Dialami Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Buah hati adalah salah satu hal yang sangat dinantikan oleh kebanyakan pasangan yang sudah menikah. Apalagi bagi pasangan yang sudah lama menikah. Kehamilan adalah salah satu sumber kebahagiaan mereka.

Namun kesehatan seorang ibu hamil harus sangat dijaga karena fisik ibu hamil sangat rentan terserang penyakit. Ibu hamil bisa saja mengalami perut yang terasa kencang selama proses kehamilan.

Berbagai hal yang terdengar sepele bisa membuat ibu hamil panik dan khawatir, begitu juga dengan perut yang kencang. Apakah perut yang terasa kencang saat hamil berbahaya? Berikut beberapa penyebab perut kencang pada ibu hamil yang harus diketahui.

Penyebab Perut Kencang Saat Hamil

1. Pertumbuhan Janin

Salah satu penyebab perut kencang saat hamil adalah pertumbuhan janin dalam kandungan. Gejala ini umumnya muncul pada trimester pertama kehamilan. Perut yang mengencang karena pertumbuhan janin dapat mereda dengan sendirinya atau setelah ibu mengubah posisi tubuh menjadi lebih nyaman.

2. Kembung dan Gas

Kondisi kembung dan gas juga dapat menjadi penyebab perut kencang selama kehamilan. Hal ini membuat perut terasa penuh dan menyebabkan ketidaknyamanan. Selain itu, pergerakan bayi di dalam perut juga dapat menyebabkan perut kencang, biasanya lebih sering terjadi pada trimester terakhir kehamilan.

3. Pengaruh Round Ligament pada Perut Kencang

Penyebab perut kencang selanjutnya adalah ligamen bundar (round ligament). Ligamen ini berperan dalam menopang uterus selama kehamilan. Pada trimester kedua, ibu hamil dapat merasakan nyeri pada ligamen yang dapat meluas hingga ke area perut atau pinggul, menyebabkan perut terasa kencang.

 

Penyebab Lainnya

4. Kontraksi sebagai Tanda Persalinan

Perut kencang yang muncul menjelang persalinan bisa menjadi pertanda bahwa persalinan sudah dekat. Kontraksi akan terjadi secara teratur dan berlangsung selama satu menit. Namun, jika perut kencang terjadi pada awal kehamilan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

5. Irritable Uterus dan Perut Kencang

Irritable uterus juga dapat menjadi penyebab perut kencang saat hamil. Kondisi ini terjadi ketika otot rahim berkontraksi tanpa menyebabkan perubahan pada serviks atau memicu persalinan. Kurangnya istirahat atau asupan cairan tubuh dapat menjadi penyebabnya.

6. Perut Kencang sebagai Pertanda Keguguran

Penyebab perut kencang saat hamil yang terakhir adalah keguguran. Risiko keguguran lebih tinggi jika terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan. Gejala perut kencang yang dapat menjadi tanda keguguran meliputi sesak atau kram perut, sakit punggung bawah, bercak atau pendarahan, serta keluarnya cairan atau jaringan dari vagina. Jika ibu mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

Itulah berbagai penyebab perut kencang saat hamil 7 bulan. Jika kamu mengalami kondisi ini bahkan mengalami berbagai gejala seperti keguguran, sebaiknya periksakan ke dokter agar bisa segera ditangani.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading