Sukses

Health

Ketahui Penyebab Mual di Pagi Hari Pada Ibu Hamil yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Morning sickness adalah mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil atau saat kehamilan dan morning sickness ini akan menyerang kapan saja saat pagi maupun malam hari. Banyak sekali ibu hamil yang akan mengalami morning sickness ini saat trimenster pertama.

Selain itu morning sickness merupakan sebuah gejala umum bagi ibu hamil yang akan ditandai dengan mual maupun muntah sesekali. Seperti namanya, morning sickness akan membuat kita tidak nyaman untuk melalukan kegiatan apapun seharian.

Masalah ini kemungkinan akan menjadi lebih parah sehingga berkembang menjadi kondisi yang disebut hiperemesis gravidarum. Terdapat beberapa pilihan pengobatan yang perlu kamu ikuti, dengan mengkonsumsi beberapa obat atau lainnya. Nah, berikut di bawah ini penjelasan lebih lanjut tentang penyebab mual di pagi hari pada ibu hamil:

Penyebab Mual di Pagi Hari

Tidak ada penyebab mual yang paling di pagi hari saat masa kehamilan dan terkadang keparahannya akan bervariasi serta meningkat. Peningkatan kadar hormon selama beberapa minggu pertama kehamilan adalah salah satu penyebab yang paling umum.

Penurunan gula darah adalah penyebab paling umum lain dari morning sickness. Berikut beberapa faktor lain yang akan memperburuk morning sickness :

  • Memiliki anak kembar.
  • Stress emosional.
  • Sering bepergian jauh.

Morning sickness yang dialami oleh setiap orang tentu akan berbeda kadang akan bertambah menjadi lebih buruk, tetapi kamu tak perlu khawatir karena masalah ini akan menjadi ringan seiring waktu.

Faktor Risiko Mual di Pagi Hari

Morning sickness dapat mempengaruhi siala saja yang sedang hamil, tetapi mungkin akan jauh lebih buruk jika kamu mengalami beberapa hal di bawah ini:

  • Sedang mengalami mual atau mabuk saat perjalanan, migrain, atau paparan esterogen.
  • Mengalami morning sickness selama kehamilan sebelumnya.
  • Sedang hamil anak kembar.

Kemungkinan kamu juga dapat mengalami hiperemesis gravidarius jika:

  • Hamil anak perempuan.
  • Memiliki riwayat keluarga hiperemesis gravidarium.
  • Mengalami hiperemesis gravidarium di masa kehamilan sebelumnya.

Komplikasi Mual di Pagi Hari

Mual dan muntah yang kamu alami pada masa kehamilan biasanya tidak akan menyebabkan komplikasi pada bayi dalam kandungan. Jika masalah ini tidak diobati maka mual dan muntah yang parah akan menyebabkan dehudrasi, ketidakseimbangan elektrolit, dan masalah lainnya.

Cara Mengatasi Mual di Pagi Hari

Beberapa dokter mungkin akan meresepkan suplemen atau obat-obatan untuk mengurangi mual dan membantu mempertahankan kamu untuk mempertahankan cairan dalam tubuh. Untuk itu kamu perlu menjaga pola makan dan gaya hidup, serta jangan merasa kelelahan yang berlebihan.

Tidak ada cara sepenuhnya untuk menghindari rasa mual dan muntah yang mungkin kamu alami di pagi hari. Namun, menghindari pemicu seperti bau menyengat, kelelahan, makanan pedas, makanan tinggi gula ternyata dapat membantu kamu mengurangi gejala berlebihan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading