Sukses

Health

3 Cara Mengolah Kunyit untuk Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kunyit, juga dikenal sebagai kunyit, adalah akar oranye cerah yang biasa digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Kunyit adalah anggota keluarga jahe dan memiliki rasa hangat dan pahit. Kunyit adalah bahan pokok dalam banyak hidangan dan juga sangat dihargai karena sifat obatnya.

Dalam masak-memasak, kunyit sering digunakan untuk menambah warna dan rasa pada hidangan. Biasanya digunakan dalam pasta kari, sup, dan hidangan nasi. Akarnya dapat digunakan dalam bentuk segar, atau dapat dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Kunyit juga sering digunakan untuk meresapkan minyak dan cuka, menambahkan warna yang cerah dan rasa bumi pada hidangan.

Selain kegunaan kuliner, kunyit juga dikenal luas karena manfaat kesehatannya. Karena mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Berikut cara mengolah kunyit untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh:

Cara Mengolah Kunyit

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengolah kunyit guna membantu menurunkan kolesterol. Berikut beberapa contoh:

1. Minum Air Kunyit

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat. Minumlah campuran ini setiap pagi. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol.

2. Tambahkan Kunyit dalam Makanan

Kunyit segar atau bubuk kunyit dapat ditambahkan ke dalam masakan sehari-hari seperti tumisan sayuran, sup, atau sebagai bumbu pada hidangan daging atau ikan.

3. Kunyit dengan Madu

Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok makan madu. Lalu konsumsi campuran tersebut secara teratur.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi kunyit atau produk kunyit dalam jumlah besar untuk tujuan kesehatan, terutama jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki masalah kesehatan tertentu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading