Sukses

Health

4 Menu Masakan Padang yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Masakan Padang merupakan salah satu jenis masakan tradisional Indonesia yang terkenal dengan cita rasanya yang kaya rempah. Namun, sayangnya beberapa menu masakan Padang juga mengandung tinggi kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Masakan Padang sering dihindari pemilik kolesterol, agar kadar LDL dalam tubuh tidak meningkat.

Ada cara untuk menikmati masakan Padang tanpa perlu khawatir tentang kadar kolesterol. Pertama, pilih hidangan sampingan yang dipanggang atau dikukus daripada yang digoreng. Hidangan panggang atau kukus umumnya lebih rendah kandungan kolesterol dan lebih sehat dibandingkan dengan yang digoreng. Kedua, kendalikan ukuran porsi untuk menghindari konsumsi kolesterol yang berlebihan. Tahan diri untuk memakan porsi kecil hidangan tinggi kolesterol dan lebih banyak memilih pilihan sehat seperti salad atau sup bening.

Selain itu, usahakan untuk menghindari hidangan yang banyak mengandung santan atau krim kelapa. Tambahkan makanan kaya serat ke dalam hidangan, seperti menambahkan porsi sayuran atau sepotong nasi merah, yang dapat membantu menurunkan dampak kolesterol keseluruhan dari hidangan tersebut. Berikut menu masakan Padang yang mengandung kolesterol tinggi:

Menu Masakan Padang Tinggi Kolesterol

1. Rendang

Rendang adalah salah satu masakan Padang yang paling terkenal. Masakan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti serai, jahe, kunyit, dan santan. Namun, daging sapi yang digunakan dalam rendang mengandung tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Gulai

Gulai merupakan masakan kari ala Padang yang terbuat dari daging atau ikan yang dimasak dengan campuran rempah-rempah dan santan. Meskipun rasanya lezat, gulai juga mengandung tinggi kolesterol karena penggunaan santan dan daging yang mengandung lemak jenuh.

Menu Masakan Padang Tinggi Kolesterol

3. Sate Padang

Sate Padang adalah masakan yang terbuat dari daging sapi yang dipanggang dan disajikan dengan kuah kacang khas Padang. Daging sapi yang digunakan dalam sate Padang mengandung tinggi lemak sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar.

4. Dendeng Balado

Dendeng balado adalah masakan Padang yang terbuat dari daging sapi tipis yang digoreng kering dan disajikan dengan sambal balado. Meskipun rasanya pedas dan menggugah selera, dendeng balado mengandung tinggi kolesterol karena penggunaan daging sapi dan minyak goreng dalam proses pengolahannya.

Meskipun memiliki rasa yang lezat, konsumsi menu masakan Padang yang mengandung tinggi kolesterol sebaiknya dikurangi atau dihindari terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan terkait kolesterol tinggi. Jangan pernah mengonsumsi jeroan yang tersedia dalam masakan Padang, karena sangat tinggi kolesterol. Sebaiknya, pilihlah makanan sehat yang rendah kolesterol untuk menjaga kesehatan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading