Sukses

Health

Penyebab Hidung Tidak Bisa Mencium Bau Apapun yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Indra penciuman yang tiba-tiba menghilang tentu membuat panik dan khawatir. Penyebab penciuman hilang ada bermacam-macam. Walaupun terdengar ringan dan nantinya bisa sembuh sendiri, namun terkadang kondisi seperti ini mengganggu. Apalagi jika sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kehilangan fungsi indra penciuman ini disebut juga anosmia. Umumnya, anosmia terjadi disertai hilangnya fungsi indra perasa.

Sebaiknya jangan menyepelekan anosmia. Anosmia yang terjadi terus menerus dan berkepanjangan dapat menyebabkan penurunan nafsu makan hingga malnutrisi karena tidak dapat merasakan makanan dan mencium aroma tertentu dengan baik.

Pada masa pandemi COVID-19, hal seperti ini terjadi karena gejala infeksi virus COVID-19. Ternyata ada banyak penyebab penciuman hilang selain karena COVID-19. Berikut beberapa masalah kesehatan yang menjadi penyebab anosmia selain karena infeksi virus COVID-19.

Penyebab Tidak Bisa Mencium Bau

1. Polip Hidung

Penyebab anosmia yang pertama adalah polip hidung. Hal ini disebabkan karena munculnya jaringan di dalam hidung yang menghambat aliran udara dan menurunkan kemampuan penciuman. Polip hidung terjadi ketika selaput lendir atau membran mukosa dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan.

2. Infeksi Virus/Bakteri

Ingatkah kamu salah satu gejala dari COVID-19? Ya, salah satu gejala dari COVID-19 adalah anosmia atau penurunan fungsi indra penciuman. Maka penyebab penciuman hilang yang berikutnya adalah karena infeksi virus atau bakteri. Sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter agar dapat mengetahui secara pasti apa penyebab penciuman hilang.

3. Makanan Terlalu Panas

Ternyata makanan yang terlalu panas bisa jadi penyebab anosmia lho, Sahabat Fimela. Mengonsumsi makanan terlalu panas dapat menyebabkan lidah iritasi. Hal ini menyebabkan lokal trauma pada bagian lidah yang terpapar suhu panas

Penyebab Lainnya

4. Kekurangan Vitamin B12

Ternyata kekurangan vitamin B12 di tubuhmu bisa membuatmu anosmia atau menurunnya fungsi indra penciumanmu. Vitamin B12 memiliki peran yang cukup penting dalam fungsi sistem saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penurunan fungsi indra penciuman.

5. Merokok

Selain karena baunya sendiri, rokok juga dapat mengacaukan indra penciumamu. Asap dari rokok adalah salah satu bentuk polusi. Terpapar asap rokok secara berkala dapat membatasi kemampuan indra penciumanmu. Kabar baiknya adalah begitu kamu berhenti merokok atau mulai tidak lagi terpapar asap rokok, indra penciumanmu pun akan kembali berfungsi normal.

Ada banyak penyebab penciuman hilang atau anosmia. Mungkin saja itu karena infeksi virus COVID-19, atau bisa juga karena flu biasa. Apapun penyebabnya, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat agar segera ditangani dan tidak semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading