Sukses

Health

Mata Sakit Karena Gadget, Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Pengguna Gadget

Fimela.com, Jakarta Di era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan anak-anak, remaja, orang dewasa, dan orang tua semua memiliki dan menggunakan gadget setiap harinya. Namun, faktanya penggunaan gadget yang berlebih dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan mata.

Dilansir oleh Herminahospital.com mengungkapkan bahwa penggunaan gadget berlebih dapat menyebabkan dry eyes, mata juling, rabun jauh dan banyak lagi.  Mata memiliki otot yang berfungsi untuk mengatur tingkat kefokusan. Ketika mata dipaksa untuk menatap objek dalam waktu yang lama dan terus menerus, otot mata akan bekerja keras untuk menyesuaikan fokus. Hal ini dapat menyebabkan mata lelah dan gangguan penglihatan. 

Berdasarkan data yang disebarkan dalam siaran pers KMN EyeCare menyebutkan bahwa orang dewasa yang bekerja menggunakan gadget umumnya menghabiskan 8 sampai 9 jam dalam sehari untuk menatap layar komputer atau laptop. Bahkan waktu istirahat pun digunakan dengan menggunakan handphone. Untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari risiko gangguan penglihatan, berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga penglihatan mata. Semua ini dilansir oleh KMN EyeCare.

 

Langkah Awal

Redupkan Cahaya Gadget

Gadget yang memiliki pencahayaan yang terlalu terang pada dasarnya akan membuat mata bekerja lebih keras untuk fokus pada layar. Kebiasaan ini dapat Menyebabkan mata lebih mudah lelah hingga menyebabkan efek sakit kepala.

Disarankan untuk menggunakan dark mode saat menggunakan gadget pada malam hari. Jika gadget kamu tidak mendukung fitur ini, kamu bisa melakukannya dengan menurunkan keterangan gadget. Hal ini dilakukan agar mata bisa terasa lebih nyaman.

Layar gadget yang terang sebelum tidur mengganggu produksi melatonin, hormon kantuk. Meredupkan cahaya gadget sebelum tidur membantu tidur nyenyak.

Gunakan Pelindung Layar Anti Silau

Sinar biru dari layar gadget dapat menyebabkan kelelahan mata, mata kering, dan gangguan tidur. AOA merekomendasikan penggunaan pelindung layar anti silau untuk mengurangi paparan sinar biru.

Istirahat Tanpa Gadget

Cobalah untuk menatap jauh selama 20 detik setiap 20 menit menatap layar komputer. Setelah 2 jam, istirahatlah selama 15 menit. Istirahat mata dapat membantu mata tetap segar dan meminimalisir kelelahan.

 

 

Bukan Hanya itu

 Jarak dan Sudut Mata dengan Gadget

Posisi tubuh saat menatap layar, termasuk jarak antara mata dan objek yang dilihat, dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Saat bekerja di depan komputer atau gadget, pastikan memiliki posisi duduk yang nyaman dengan kaki menjejak sempurna di lantai dan badan tegak. Posisikan komputer atau gadget sekitar 50-70 cm dari mata Anda. Pastikan layar gadget cukup besar dan dengan tingkat kecerahan yang tepat.

Sering Berkedip

Sering berkedip penting untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan gadget. Hal ini karena saat menatap layar gadget, mata cenderung lebih fokus dan frekuensi berkedip menjadi lebih sedikit. Akibatnya mata menjadi lebih mudah kering dan iritasi.

Untuk menjaga kelembapan mata saat menggunakan gadget, kamu dapat sering berkedip atau menggunakan air mata buatan. Air mata buatan dapat membantu menjaga kelembapan mata dan mencegah iritasi.

Periksa Mata Secara Rutin

Mata adalah organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Mata merupakan alat indra utama yang diberikan oleh Tuhan, sehingga sudah sepatutnya kita menjaganya.

Menjaga kesehatan mata sangat penting bagi pengguna gadget dan komputer. Hal ini karena penggunaan gadget dan komputer dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan kering. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, mata menjadi lebih rentan untuk mengalami kerusakan dan berbagai penyakit. 

Periksa mata secara rutin dapat membantu mendeteksi dini gangguan mata, sehingga dapat segera ditangani. Pemeriksaan mata dapat dilakukan setiap 6 bulan atau satu tahun sekali. Jika Sahabat FIMELA ingin melakukan pengecekan mata, kamu bisa mengunjungi KMN EyeCenter. Untuk informasi Lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi KMN EyeCenter.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading