Sukses

Parenting

Tips Mengenalkan Gadget pada Si Kecil dengan Cara yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Di era digital dimana semua hal akan terus berkembang, tidak ada cara yang tepat untuk menghindari penggunaan gadget. Bahkan anak-anak zaman sekarang banyak yang kecanduan dengan gadget. Hal ini dikarenakan pendekatan yang dilakukan tidak benar.

Sebagai orangtua, kalian harus memperkenalkan si kecil dengan gadget, tetapi harus memahami juga apa dampak dari gadget itu sendiri untuk kehidupan si kecil. Pendekatan yang dilakukan harus bertanggung jawab agar si kecil tahu bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan teknologi tanpa memicu dampak negatif.

Dilansir oleh Parentcircle.com, Dampak negatif dari penggunaan gadget secara berlebih adalah pada kemampuan otak. Beberapa diantaranya adalah susahnya berkonsentrasi terutama saat belajar dan memiliki minat yang kurang dalam menjalani aktivitas keseharian. Menambahkan, dari sisi kesehatan, dampak negatifnya adalah kerusakan mata, kecanduan, dan memperlambat perkembangan otak.

Maka dari itu, Kaspersky berkolaborasi dengan Dr. Saliha Afridi selaku psikologi klinis untuk membuat daftar yang tepat khususnya untuk memperkenalkan dan menavigasi gadget yang digunakan si kecil.

Cara memperkenalkan gadget

Ketika kamu ingin memperkenalkan gadget pertama kalinya kepada si kecil, hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk menerapkan peraturan keluarga dan kebiasaan teknologi yang baik. Ini mencakup pengaturan pedoman yang jelas dan diterima bersama mengenai kapan dan bagaimana anggota keluarga dapat menggunakan perangkat elektronik. Ini akan membantu memastikan bahwa teknologi digunakan secara bertanggung jawab dan tidak mengganggu komunikasi dan interaksi keluarga.

Selanjutnya adalah dengan menciptakan zona dan waktu bebas teknologi dalam lingkungan keluarga. Ini bisa mencakup ruang di rumah yang bebas dari perangkat elektronik, seperti ruang makan atau ruang tidur, di mana anggota keluarga dapat berkumpul tanpa gangguan dari telepon atau tablet mereka. Selain itu, menjadwalkan waktu bebas teknologi di mana semua anggota keluarga dapat fokus pada aktivitas bersama tanpa gangguan teknologi juga sangat penting untuk memupuk hubungan dan interaksi keluarga yang kuat. Beberapa contohnya adalah pada saat makan keluarga, tidur, pertemuan keluarga, jalan-jalan, belajar, pertemuan sosial, dan aksi kegiatan sekolah.

Terakhir adalah mengenalkan aktivitas non-teknologi kepada anak-anak merupakan aspek penting dalam mencapai keseimbangan yang sehat. Aktivitas seperti bermain permainan papan, berolahraga di luar ruangan, atau berkreasi dengan seni dan kerajinan dapat memberikan alternatif yang kreatif dan merangsang, sambil mengurangi ketergantungan pada perangkat elektronik. Seluruh pendekatan ini membantu menciptakan lingkungan keluarga yang lebih seimbang dalam penggunaan teknologi dan memperkuat ikatan antar anggota keluarga.

Sebelum memperkenalkan

Sebelum memperkenalkan gadget kepada si kecil, sangat disarankan untuk melakukan langkah-langkah untuk menyiapkan gadget yang ingin diberikan untuk si kecil. 

Sebelum kamu memberikan gadget kepada si kecil pastikan untuk menonaktifkan pembelian dalam aplikasi pada perangkat. Hal ini dilakukan anak tidak melakukan pembelian tanpa di sengaja. Selain itu, disarankan untuk mengunduh aplikasi yang penting dan bermanfaat saja untuk si kecil, seperti aplikasi pendidikan dan hiburan yang sesuai dengan umur si kecil. Pastikan untuk memeriksa gadget si kecil secara berkala untuk menjaga keamanan.

Selanjutnya adalah untuk menyesuaikan privasi dengan cermat. Periksa pengaturan privasi dalam setiap aplikasi dan pastikan bahwa informasi pribadi atau lokasi anak Anda terlindungi. kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengasuhan anak digital seperti Kaspersky Safe Kids yang berguna untuk membantu kamu mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget anak kamu.

Aplikasi ini dapat membantumu untuk memblokir konten yang tidak sesuai dan menjaga mereka aman saat menjelajahi internet. Terakhir, pastikan untuk memblokir panggilan tak dikenal sehingga anak kamu tidak menerima panggilan dari sumber yang tidak diinginkan, sehingga melindungi mereka dari panggilan yang tidak pantas.

Membuat pengalaman yang aman

Semua orangtua pastinya ingin anaknya untuk selalu aman terutama saat menggunakan gadget dan aplikasi didalamnya. Sebenarnya untuk menjaga keamanan si kecil saat menggunakan gadget adalah dengan cara mempertanyakan segala hal kepada si kecil terutama tentang keamanan dan perasaan mereka. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada si kecil.

  • Apa yang menarik secara online hari ini?
  • Adakah hal membingungkan yang ditemui?
  • Apakah kamu melakukan percakapan atau bermain game dengan orang asing?
  • Bagaimana kamu memilih apa yang akan dibagikan secara online?Pernahkah kamu merasa tidak nyaman saat online?
  • Apakah ada aplikasi atau situs web baru yang kamu sukai?Apakah kamu tahu cara menangani pesan yang tidak pantas?
  • Pernahkah kamu melihat seseorang bersikap tidak baik saat online? Bagaimana kamu?

Singkatnya cara yang tepat dalam menjaga keamanan tanpa mengganggu privasi anak adalah dengan berbicara dengan pengalaman online mereka, terlibat dalam suatu aktivitas bersama, gunakan aplikasi pengasuhan anak, jelaskan tentang peranmu dalam mendampingi si kecil, dan terus ikuti perkembangan tren yang ada.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading