Sukses

Lifestyle

4 Tips Ampuh agar Berhenti Kecanduan Gadget

Fimela.com, Jakarta Seiring berjalannya waktu, tentu ada banyak perubahan serta perkembangan, salah satunya dalam aspek teknologi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa banyak dampak bagi kehidupan manusia. Meskipun perkembangan ini membawa banyak dampak positif yang membantu pekerjaan manusia, namun tetap saja ada dampak negatif yang akan dirasakan. Teknologi yang begitu canggih membuat orang akan kecanduan, apalagi dengan gadget

Orang yang kecanduan dengan gadget seringkali menghabiskan banyak waktu untuk menggunakannya. Bahkan mereka seringkali lupa dengan tanggung jawab yang mereka miliki karena terlalu larut dalam aktivitasnya bersama gadget.

Jika sudah seperti ini, tentu akan menimbulkan dampak yang lebih besar lagi, apalagi jika tidak ditangani dengan cepat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan ini? 

1. Membatasi Waktu

Agar kamu tidak menjadi pecandu gadget, penting untuk selalu menetapkan batasan waktu pada pemakaian gadget. Misalnya, kamu bisa menentukan waktu khusus di pagi, siang, ataupun malam haru untuk penggunaan gadget. Atau kamu bisa membuat durasi untuk pemakaian gadget selama sehari, mungkin 5 jam per harinya.

2. Mencari Aktivitas Lain

Agar pikiranmu dapat terdistraksi, kamu bisa mencari aktivitas atau produktivitas lainnya. Kamu bisa melakukan hobi atau minat yang kamu tekuni untuk menghabiskan waktu selain bermain gadget. Eksplor banyak hal baru yang membawa dampak positif dan meninggalkan kesan yang baik bagimu. 

3. Membuat Jadwal

Agar tidak kecanduan gadget, kamu bisa merancang jadwal per harinya. Luangkan beberapa jam untuk bebas dari gadget, dan lakukan hal bermanfaat lainnya, seperti membaca buku atau berinteraksi langsung bersama orang terdekat. Dengan melakukan banyak aktivitas offline, kamu bisa mengurangi kecanduan terhadap gadget. 

4. Menyalakan Fitur Peringatan

Semakin canggih teknologi, semakin banyak fitur yang akan membantu penggunanya. Banyak gadget modern yang sudah memiliki fitur pengaturan waktu dan penggunaan saat penggunanya memakai gadget dalam durasi berlebihan. Dengan memanfaatkan fitur inu, kamu bisa menyadari waktu yang telah dipakai untuk gadget dan menimbang-nimbang durasi yang baik untuk memakai gadget.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak ketergantungan pada gadget. Perlu diingat bahwa jika tidak cepat-cepat mengatasi kebiasaan ini, maka akan semakin sulit untuk membatasi penggunaan yang wajar.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading