Sukses

Health

4 Manfaat Sehat Susu Jahe yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Jahe merah merupakan salah satu rempah-rempah yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia. Selain memiliki rasa dan aroma yang kuat, jahe merah juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yang terkenal adalah untuk menurunkan kadar kolesterol.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa jahe merah memiliki kandungan zat aktif yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jahe merah dapat diolah menjadi minuman kesehatan, yang disebut dengan susu jahe. Susu jahe adalah minuman yang kaya akan manfaat kesehatan.

Susu jahe dibuat dari campuran susu dengan perasan jahe merah. Namun, susu sering dianggap bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lalu, apakah susu jahe bermanfaat untuk menurunkan kolesterol? Simak penjelasannya berikut ini:

Manfaat Sehat Susu Jahe

1. Mengandung Senyawa Antioksidan Tinggi

Susu jahe merah mengandung senyawa antioksidan tinggi seperti gingerol dan zingeron yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Senyawa-senyawa ini mampu mengurangi oksidasi kolesterol LDL, sehingga mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

2. Meningkatkan Aktivitas Enzim Hati

Selain mengandung senyawa antioksidan, susu jahe merah juga dapat meningkatkan aktivitas enzim hati yang bertanggung jawab untuk memecah kolesterol dalam tubuh. Dengan meningkatnya aktivitas enzim hati, kadar kolesterol dalam darah dapat terkontrol dengan lebih baik, sehingga risiko terkena penyakit jantung dapat diminimalkan.

Manfaat Sehat Susu Jahe

3. Mengurangi Penyerapan Kolesterol dari Makanan

Susu jahe merah juga memiliki kemampuan untuk mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Senyawa-senyawa aktif dalam jahe merah dapat menghalangi penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga jumlah kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah dapat dikurangi.

4. Meredakan Masalah Pernafasan

Jahe juga telah lama dikenal memiliki khasiat untuk membersihkan saluran pernapasan dan meredakan masalah pernafasan seperti batuk dan pilek. Dengan mengonsumsi susu jahe secara teratur, dapat membantu mencegah serangan penyakit pernafasan.

Dengan begitu banyak khasiat yang dimiliki susu jahe, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya. Usahakan menggunakan susu nabati dan hindari penggunaan gula tambahan, saat membuat susu jahe merah. Mulailah untuk menikmati manfaat kesehatan susu jahe sekarang juga dan bantu mencegah serangan penyakit dengan cara yang alami dan lezat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading