Sukses

Health

Penyebab Telinga Sakit yang Mengganggu Aktivitas

Fimela.com, Jakarta Telinga adalah salah satu bagian penting dari tubuh manusia yang seringkali diabaikan. Namun, tanpa telinga yang sehat, manusia akan kesulitan untuk mendengar dan merasakan dunia sekitarnya. Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang adalah rasa sakit di telinga. Tidak hanya disebabkan oleh infeksi telinga atau cedera fisik, namun ada juga penyebab telinga sakit yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Salah satu penyebab yang jarang disadari bersumber dari kebiasaan sehari-hari. Contohnya adalah kebiasaan dalam membersihkan telinga. Membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud yang terlalu dalam dapat merusak gendang telinga dan menyebabkan infeksi.

Tak hanya dari kebiasaan sehari-hari saja, telinga yang terasa sakit bisa disebabkan karena berbagai hal. Berikut berbagai penyebab telinga terasa sakit serta cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui.

Penyebab Sakit Telinga

1. Infeksi Telinga

Salah satu penyebab yang umum adalah infeksi telinga, baik di telinga bagian luar maupun dalam. Infeksi telinga dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur yang masuk ke telinga dan menyebabkan rasa sakit serta peradangan.

2. Sinus

Selain infeksi telinga, masalah dengan sinus juga dapat menyebabkan sakit telinga. Ketika sinus tersumbat atau peradangan terjadi di area sinus, tekanan pada telinga bisa meningkat dan menyebabkan ketidaknyamanan.

3. Cedera Telinga

Cedera atau trauma pada telinga juga bisa menjadi penyebab sakit telinga. Terutama ketika terjadinya peradangan pada gendang telinga, atau terdapat benda asing yang masuk ke dalam telinga.

4. Penyumbatan pada Saluran Eustachius

Selain penyebab di atas, sakit telinga juga bisa disebabkan oleh masalah pada organ-organ tertentu di sekitar telinga. Misalnya, penyumbatan pada saluran Eustachius dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan di telinga dan menyebabkan rasa sakit.

Cara Mengatasi Telinga yang Terasa Sakit

1. Menggunakan Tetes Telinga

Tetes telinga ini dapat membantu membersihkan telinga dari kotoran dan mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa sakit. Selain itu, dokter juga mungkin meresepkan obat pereda nyeri atau antibiotik jika sakit telinga disebabkan oleh infeksi.

2. Bersihkan Telinga

Selain itu, pembersihan telinga secara rutin dan tidak menggunakan cotton bud yang terlalu dalam dapat mencegah penumpukan wax yang menjadi penyebab sakit telinga.

3. Hindari Suara Keras

Selain itu, menghindari paparan suara terlalu keras dan menjaga kebersihan telinga juga dapat membantu mencegah sakit telinga.

4. Kompres Hangat

Selain mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, memberikan kompres hangat pada telinga dan menghindari menggaruk telinga juga bisa membantu meredakan rasa sakit.

Namun, jika sakit telinga yang kamu rasakan terus berlanjut atau disertai dengan gejala lain seperti demam atau keluarnya cairan dari telinga, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading