Sukses

Health

4 Penyebab Telinga Bau yang Jarang Disadari, Akibat Kotoran hingga Infeksi

Fimela.com, Jakarta Bau tak sedap bisa muncul pada bagian tertentu dari tubuh kita. Hal ini tidak terkecuali terjadi pada bagian telinga kita termasuk bagian belakang telinga.

Tentu saja telinga yang bau akan membuta kita kehilangan rasa percaya diri karena merasa kurang nyaman, apalagi jika aroma dari telinga juga sampai tercium oleh orang lain. 

Lalu, apa saja kah yang menyebabkan telinga menjadi bau? Berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 4 penyebab telinga bau yang jarang disadari. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Tidak Rajin Membersihkan Telinga

Penyebab telinga bau yang pertama ialah karena kamu malas membersihkan bagian telinga. Memang bagian telinga mana pun, termasuk area depan, belakang, atas, dan dalam mungkin luput dari perhatian, namun tetap harus kamu jaga kebersihannya.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa membersihkan telinga hanya diperlukan pada bagian dalamnya saja, sementara bagian luarnya tidak diperhatikan. Padahal, telinga termasuk anggota tubuh yang sangat mudah kotor dan berkeringat, terlebih di bagian belakang. Jika tidak dibersihkan, keringat yang menumpuk ini akan berbaur langsung bersama bakteri.

2. Pengaruh Debu dan Polusi saat Beraktivitas

Berikutnya, penyebab telinga bau yang kedua adalah karena pengaruh polusi dan debu saat beraktivitas yang jarang kita sadari. Sering beraktivitas di luar ruangan membuat paparan debu, asap kendaraan bermotor, dan polusi lainnya mudah menempel di telinga. 

Semua zat ini lama-lama akan mengendap dan menyumbat pori-pori belakang telinga bersama dengan minyak, keringat, serta kotoran telinga lainnya.

Sumbatan kotoran pada pori-pori kulit di bagian telinga, baik itu di atas, bawah, depan, maupun belakang akhirnya membuat mikroba tumbuh dan berkembang biak. Itu sebabnya, kemudian muncul aroma aneh dari telinga.

3. Akibat Kotoran Telinga

Kotoran telinga juga dapat menyebabkan telinga menjadi bau. Umumnya, kotoran telinga bentuknya menyerupai cairan lilin berwarna kuning dan bertekstur lengket.

Kotoran ini bisa keluar dengan sendirinya hingga kemudian mengarah ke bagian belakang. Akhirnya, timbul bau yang cukup mengganggu. Maka dari itu, kamu juga dianjurkan untuk rajin membersihkan kotoran telinga secara berkala dengan benar. 

 

4. Adanya Infeksi pada Telinga

Selanjutnya, telinga yang mengeluarkan aroma tidak sedap juga disebabkan oleh adanya infeksi pada telinga. Infeksi pada di telinga disebabkan oleh ulah bakteri dan jamur yang “hobi” hidup dan berkembang di area lembap dan hangat.

Kebiasaan menggaruk telinga dengan tangan kotor, penggunaan kacamata, pernah melakukan tindik telinga, dan beberapa kegiatan lainnya yang berkaitan dengan telinga dapat memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap pada telinga.

Ladies, itulah beberapa penyebab telinga bau yang jarang disadari. Intinya, kamu perlu menjaga kebersihan telinga secara rutin agar tidak mengalami masalah telinga yang bau. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading