Sukses

Health

5 Cara Mengolah Buah Delima untuk Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Buah delima atau juga dikenal sebagai buah pomegranate, bukan hanya lezat tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu manfaat utama dari buah ini adalah kemampuannya untuk membantu menurunkan kolesterol. Buah delima ini sering dikonsumsi seseorang yang menjalankan program diet.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah delima dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Buah delima mengandung senyawa antioksidan tinggi, terutama punicalagin dan anthocyanin, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini membantu melindungi kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) dari oksidasi yang dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah.

Komponen antiinflamasi dalam buah delima dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dapat menjadi faktor risiko dalam peningkatan kadar kolesterol dan penyakit kardiovaskular. Ada cara mengolah buah delima menjadi makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Simak caranya dalam artikel berikut ini:

Cara Mengolah Buah Delima

1. Mengonsumsi Biji Delima

Biji delima mengandung sejumlah besar antioksidan. Sahabat Fimela dapat menambahkan biji delima ke dalam yogurt, salad, atau smoothie. Pastikan untuk mengunyah biji-bijian ini dengan hati-hati karena dapat terasa pahit.

2. Minuman Delima

Buatlah jus delima segar dengan menggunakan mesin jus atau blender. Minuman ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet. Jika terlalu kental, bisa menambahkan sedikit air atau madu untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

3. Tambahkan ke Salad

Potong buah delima dan tambahkan ke dalam salad buah atau sayuran. Kombinasi rasa segar dan asam buah ini dapat memberikan sentuhan istimewa pada hidangan.

Cara Mengolah Buah Delima

4. Saus atau Dressing

Buat saus atau dressing dengan mencampurkan jus delima dengan bahan lain seperti minyak zaitun, bawang putih, dan sedikit garam. Saus ini dapat digunakan untuk memarinasi daging, ikan, atau sebagai saus salad.

5. Snack Sehat

Gunakan biji delima kering sebagai camilan sehat. Campurkan dengan kacang-kacangan, buah kering, atau biji-bijian lainnya untuk mendapatkan campuran yang lezat dan bergizi.

Buah delima tidak hanya memberikan pengalaman rasa yang menyenangkan tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, terutama dalam menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengintegrasikan buah delima ke dalam pola makan sehari-hari, dapat mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Cobalah variasi cara mengonsumsinya untuk menjaga keberagaman dalam diet dan memaksimalkan manfaat kesehatan yang diberikannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading